Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Analisis Rasio Keuangan Dan Metode Economic Value Added (Eva) (Studi Pada Pt. Jasa Marga (Persero), Tbk Dan Anak Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek In

Iqbal, Muhammad (2015) Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Analisis Rasio Keuangan Dan Metode Economic Value Added (Eva) (Studi Pada Pt. Jasa Marga (Persero), Tbk Dan Anak Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek In. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Jasa Marga (Persero), Tbk dan Anak Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2011-2014 dengan menggunakan rasio keuangan dan metode Economic Value Added (EVA). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan dan laporan tahunan PT. Jasa Marga (Persero), Tbk dan Anak Perusahaan periode 2011-2014 yang diperoleh dari Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Universitas Brawijaya Malang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kinerja keuangan PT. Jasa Marga (Persero), Tbk dan Anak Perusahaan diukur dengan analisis rasio keuangan dapat dikatakan cukup baik, walaupun masih terdapat beberapa rasio yang berfluktuatif dan masih dapat ditingkatkan lagi. Kinerja keuangan PT. Jasa Marga (Persero), Tbk dan Anak Perusahaan dinilai cukup baik karena cukup banyak rasio keuangan yang meningkat di tahun 2012, namun masih kurang baik bila dilihat dari penurunan beberapa rasio pada tahun 2013 dan 2014, serta tingginya rasio leverage setiap tahunnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa analisis rasio keuangan dan konsep Economic Value Added (EVA) dapat mendorong perusahaan untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan agar dapat ditingkatkan di masa yang akan datang dan memberikan kebijakan struktur modal yang optimal guna meningkatkan nilai tambah ekonomi.

English Abstract

This study aims to determine the financial performance of PT. Jasa Marga (Persero), Tbk and Subsidiaries listed in the Indonesia Stock Exchange in the period 2011-2014 by using financial ratios and the Economic Value Added (EVA). The type of research used in this research is descriptive research with quantitative approach. Instruments in this study using the financial statements and annual report of PT. Jasa Marga (Persero), Tbk and Subsidiaries period of 2011-2014 were obtained from the Investment Gallery Indonesia Stock Exchange (IDX) Brawijaya University Malang. Results from this study explains that the financial performance of PT. Jasa Marga (Persero), Tbk and Subsidiaries measured by financial ratio analysis can be quite good, although there are still some ratio fluctuated and still can be improved further. Financial performance of PT. Jasa Marga (Persero), Tbk and Subsidiaries considered good enough because many financial ratios increased in 2012, but still not good when viewed from a decline ratios in 2013 and 2014, and high leverage ratio every year. Based on the results of this research can be concluded that the financial ratio analysis and the concept of Economic Value Added (EVA) can encourage companies to improve the companys financial performance to be improved in the future and provide an optimal capital structure policy in order to increase the value-added economy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/430/ 051506340
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Oct 2015 09:57
Last Modified: 07 Oct 2015 09:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117483
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item