Strategi Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Dalam Pengembangan Sentra Keripik Tempe Sanan Malang

Astuti, Triana (2015) Strategi Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Dalam Pengembangan Sentra Keripik Tempe Sanan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Kecil Menengah atau UKM merupakan salah satu sektor ekonomi rakyat yang memiliki peranan penting dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi nasional di Indonesia. Mengingat kondisi persaingan di bidang ekonomi saat ini cukup ketat dan kompleks, maka perlu adanya pengembangan setiap UKM di Indonesia. Kota Malang merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah UKM paling banyak. UKM yang terkenal di Kota Malang salah satunya adalah sentra keripik tempe Sanan. Pada era perdagangan bebas, sentra keripik tempe Sanan perlu dikembangkan agar dapat bersaing dengan produk luar negeri. Oleh karena itu, perlu adanya strategi dari Pemerintah Kota Malang yaitu Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang untuk mengembangkan UKM tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi Dinas Koperasi dan UKM dalam pengembangan sentra keripik tempe Sanan Malang. Selain itu juga untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat Dinas Koperasi dan UKM dalam strategi pengembangan sentra keripik tempe Sanan Malang. Peneliti menggunakan jens penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung di Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang serta warga Sanan. Fokus penelitian ini adalah Strategi Dinas Koperasi dan UKM meliputi pelatihan manajerial, akses pemasaran, kemitraan, serta faktor pendukung dan penghambat dalam strategi tersebut. Analisis data yang digunakan adalah analisis data SWOT yaitu menentukan kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman dalam strategi tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang telah dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang sudah baik, namun ada beberapa yang perlu diperhatikan yaitu perlunya meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat Sanan dan meningkatkan pentingnya peran stakeholder dalam pengembangan UKM tersebut. Berdasarkan hasil SWOT, strategi yang sebaiknya digunakan yaitu strategi SO dimana lebih memanfaatkan kelebihan serta peluang yang ada. Jumlah SDA, pola pikir pelaku UKM, dan dukungan Pemerintah dirasa masih kurang. Namun sikap antusiasme pelaku UKM, beberapa instansi pendukung dan potensi Sanan yang menjadi desa wisata dapat menjadi faktor pendukung dalam strategi ini.

English Abstract

Small and Medium Enterprises or SMEs constitute one of the economic sectors of the people who have an important role in the development of national economic growth in Indonesia. Given the conditions of competition in the field of economic now quite tight and complex, it is necessary for each SME development in Indonesia. Malang is one of the cities that has the most number of SMEs. SMEs are well known in the Malang one of which is the center of tempe chips Sanan. In the era of free trade, tempe chips Sanan centers should be developed in order to compete with foreign products. Therefore, there needs to be a strategy of the City Government of Cooperatives and SMEs Malang to develop these SMEs. The purpose of this research was to determine, describe, and analyze the strategies of Department of Cooperatives and SMEs in the development centers tempe chips Sanan Malang. In addition, to determine, describe and analyze the factors supporting and inhibiting factors Department of Cooperatives and SMEs in the development strategy centers tempeh chips Sanan Malang. Researchers used descriptive research with a qualitative approach. Data obtained through observation, interviews, and documentation directly in the Department of Cooperatives and SMEs and citizens Sanan Malang. The focus of this research is the strategy of the Department of Cooperatives and SMEs include managerial training, market access, partnerships, as well as enabling and inhibiting factors in the strategy. Data analyze is a SWOT analysis of the data that is search strengths, weaknesses, opportunities, and threats in the strategy. The results of this research show that the strategy had been carried out by the Department of Cooperatives and SMEs Malang is good, but there are some who need to improve public education Sanan and increase the importance of the role of stakeholders in the development of the SMEs. Based on the results of SWOT, a strategy that should be used is SO strategy where more use advantages and opportunities. Total Resource Aparatus, mindset SMEs, and government support is still not. But the attitude of enthusiasm SMEs, several agencies and potential supporters Sanan which became a tourist vllage can be a contributing factor in this strategy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/418/ 051506328
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Oct 2015 09:31
Last Modified: 09 Oct 2015 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117468
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item