Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Relasional) Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Ko

Sefesiyani, Atika (2015) Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Relasional) Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Tabungan Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Ko. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Relationship Marketing terhadap Kepuasan Nasabah serta dampaknya pada Loyalitas Nasabah pada nasabah tabungan Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Kota Malang. Latar belakang dari penelitian ini melihat bahwa persaingan dalam dunia perbankan saat ini semakin ketat sehingga setiap bank harus mampu membuat strategi yang dapat menciptakan kepuasan dan loyalitas nasabah sebagai upaya untuk meningkatkan keunggulan bersaing, oleh karena itu peneliti ingin mengetahui pengaruh strategi relationship marketing terhadap kepuasan nasabah serta dampaknya pada loyalitas nasabah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Central Asia Kantor Cabang Pembantu Dinoyo Kota Malang. Sampel sebanyak 116 orang responden yang berusia minimal 17 tahun, memiliki buku tabungan Bank Central Asia, dan telah menjadi nasabah selama minimal 3 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Z) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dengan hasil pada koefisien determinasi (R2) sebesar 50,9%. Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Nasabah (Z) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Relationship Marketing (X) terhadap variabel Loyalitas Nasabah (Y) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 21,8%.

English Abstract

The purpose of this research is to know the effect of Relationship Marketing variable toward Customers’ Satisfaction and the impact to Customers’ Loyalty at Customers’ savings of Bank Central Asia Branch Office Dinoyo Malang. The background of this research is to see the competition in banking world is getting tight. So they have to build strategy to get customers’ satisfaction and loyalty in terms of increasing competition’s primacy. The type of this research is explanatory research and quantitative approach. Population is among customer of Bank Central Asia Branch Office Dinoyo Malang. Quantity of the sample is 116 respondent within the age of 17 years old and above, has savings book, and has been the customer of Bank Central Asia Branch Office Dinoyo Malang for at least 3 years. Technique sampling for this research is purposive sampling and questionnaires for data collection. Data analysis that used is descriptive analysis and path analysis. Result of this research showing the effect of Relationship Marketing (X) to Customer’s Satisfaction (Z) is significant 0,000 (<0,05) and coefficient’s determination (R2) is 50,9%. There is significant impact between Customer’s Satisfaction variable (Z) to Customer’s Loyalty variable (Y) that shows in significant mark 0,000 (<0,05). There is significant relation between Relationship Marketing variable (X) to Customer’s Loyalty variable (Y) that shows in significant mark 0,000 (<0,05) and coefficient’s determination (R2) about 21,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/413/ 051506323
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Oct 2015 12:46
Last Modified: 08 Oct 2015 12:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117463
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item