Efektivitas Koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Studi Pengembangan Wisata Buatan Kota Batu)

JayaPranata (2015) Efektivitas Koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Studi Pengembangan Wisata Buatan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era pembangunan sekarang ini, koordinasi mempunyai arti yang sangat penting, terutama diantara aparatur pemerintah daerah hal ini disebabkan karena sebagaian besar dari program pembangunan mempunyai sifat antar sektor yang pelaksanaannya, melibatkan lebih dari satu instansi pemerintahan, keberhasilan pelaksanaan program yang demikian itu pada tingkat yang dominan ditentukan oleh kerjasama yang baik antara instansi yang bersangkutan. Pariwisata merupakan program andalan Kota Batu. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan memliki peran yang sangat penting dalam pembangunan atau pengembangan wisata buatan di Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang efektivitas koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pengembangan wisata buatan di Kota Batu. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui metode miles dan hubberman. Maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah efektivitas koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pengembangan wisata buatan di Kota Batu dan faktor penghambat serta pendukung yang mempengaruhi efektivitas koordinasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pengembangan wisata buatan di Kota Batu. Hasil penelitian menunjukkan Koordinasi antara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan sudah berjalan dengan baik dengan menggunakan jenis koordinasi vertikal dan fungsional dengan teknik koordinasi rapat yang bersifat lintas sektoral. Pengembangan pariwisata sudah diatur secara jelas dalam Rencana Induk Pemabngunan Pariwisata Daerah Kota Batu. Faktor penghambat yang dikarenakan kesibukan setiap masing-masing SKPD berbeda, kurang tepat dalam pendelegasian untuk mengikuti Rapat Koordinasi, pencairan dana untuk rapat koordinasi yang sering molor, dan sumber daya manusia di bidang pariwisata masih kurang. Faktor pendukung anggaran yang besar karena disesuaikan dengan Visi dan Misi Walikota Batu, sarana dan prasarana seperti gedung dan kantor, serta konsultan yang kualifaid untuk pengembangan wisata buatan di Kota Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/410/051506320
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 14:29
Last Modified: 05 Oct 2015 14:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117461
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item