Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-of-Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta)

BrianRizkyAliRachmalika (2015) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Electronic Word-of-Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Restoran Hakata Ikkousha Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat membentuk electronic word-of-mouth (eWOM) dan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor electronic word-of-mouth (eWOM) tersebut pada media sosial twitter terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Concern for The Others (X1), Expressing Positive Feelings (X2), Economic Incentives (X3), Helping The Company (X4), dan Platform Assistance (X5) dengan variabel terikat yakni Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini didapatkan dari kuisioner dan lalu diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS for Windows 20.0. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 2 teknik analisis data, yaitu Analisis Faktor dan Analisis Regresi Linier Berganda. Dalam analisis faktor, terbentuk 3 buah faktor yakni Faktor Expressing Positive Feelings (X1), Faktor Platform Assistance (X2), dan Faktor Concern For The Others (X3). Faktor Expressing Positive Feelings (X1) memiliki pengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) jika dilihat dari nilai beta tertinggi bila dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya. memiliki pengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian jika dilihat dari nilai beta tertinggi bila dibandingkan dengan dimensi-dimensi lainnya. Berdasarkan penelitian tersebut, disarankan bagi Restoran Hakata Ikkousha untuk lebih aktif lagi dalam menjalin hubungan dengan para konsumennya di ranah media sosial. Selain mempertahankan kualitas produk, interaksi dengan konsumen jelas akan menambah dampak positif bagi Hakata Ikkousha dalam memperluas pasar mereka. Hakata Ikkousha perlu menambah variasi-variasi menu dan juga membuat lebih banyak lagi promosi pembelian agar dapat terus menjadi generator eWOM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/408/051506318
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 14:24
Last Modified: 05 Oct 2015 14:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117458
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item