Country of Origin dan Pengaruhnya terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia)

JovitaSDinata (2015) Country of Origin dan Pengaruhnya terhadap Persepsi Kualitas dan Minat Beli (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh dari country of origin terhadap persepsi kualitas dan minat beli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah country of origin, persepsi kualitas, dan minat beli. Populasi pada penelitian ini adalah calon konsumen yang berminat membeli iPad khususnya yang berdomisili di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makasar. Sampel pada penelitian ini berjumlah 139 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel country of origin (X) memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel persepsi kualitas (Y1), variabel country of origin (X) memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap minat beli (Y2), dan variabel persepsi kualitas (Y1) memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap minat beli (Y2). Meskipun country of origin berpengaruh signifikan terhadap minat beli, kontribusi pengaruhnya kecil. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang tidak sensitif akan country of origin sebuah produk, khususnya untuk produk tablet iPad. Pengaruh total dari variabel country of origin dan persepsi kualitas terhadap minat beli sebesar 0,471 dengan ketepatan model 0,615 (61,5%) dan 47,9% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/407/051506317
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 06 Oct 2015 09:37
Last Modified: 06 Oct 2015 09:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117457
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item