Implementasi Program Rumah Kasih Sayang Dalam Pemberdayaan Orang Dengan Kecacatan (Studi di Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo)

Erlinrakhmawati (2015) Implementasi Program Rumah Kasih Sayang Dalam Pemberdayaan Orang Dengan Kecacatan (Studi di Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Rumah Kasih Sayang Dalam Pemberdayaan Orang Dengan Kecacatan (ODK) merupakan sebuah program dari Kementerian Sosial yang bertujuan meningkatkan pelayanan dan pemberdayaan penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya Orang dengan Kecacatan yang ada di Ponorogo secara terpadu dan tuntas. Program ini dilaksanakan oleh Organisasi Sosial Kasih Sayang yang berada dibawah naungan Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo. Organisasi Sosial Kasih Sayang merupakan Tim Pelaksana Program Rumah Kasih Sayang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa bagaimana implementasi program Rumah Kasih Sayang dan pemberdayaan bagi Orang Dengan Kecacatan serta mengidentifikasi faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam implementasi program Rumah Kasih Sayang sehingga diketahui apa yang terjadi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat, Kepala Organisasi Sosial Kasih Sayang, Kader Pendamping, dan Keluarga Orang Dengan Kecacatan. Selain itu juga dilakukan pengumpulan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan data peneliti yang relevan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan program Rumah Kasih Sayang sampai saat ini sudah berjalan dengan baik. Di Rumah Kasih Sayang mereka diberikan kesempatan sebagai bekal untuk belajar mendapatkan pengetahuan dan pelatihan ketrampilan sebagai bekal untuk mereka sehingga mereka dapat hidup mandiri, mampu mengembangkan kemampuan mereka dan dapat berpartisipasi di kehidupan masyarakat. Program Rumah Kasih Sayang juga didukung oleh kenyamanan lingkungan di rumah kasih sayang, para pengajar, dan Orang Dengan Kecacatan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hambatan seperti aksesbilitas, sumber dana, suasana hati Orang Dengan Kecacatan, dan adaptasi Orang Dengan Kecacatan dengan lingkungan sekitar. Saran yang dapat dilaksanakan yaitu baik pemerintah daerah, provinsi maupun pusat selalu berkoordinasi agar tujuan program Rumah Kash Sayang dapat meningkat, sumber pendanaan program RKS dapat ditambah agar tidak terjadi kekurangan lagi, lebih memberikan motivasi kepada para ODK agar lebih bersemangat mengikuti kegiatan, seharusnya pemerintah ikut memasarkan hasil viii ketrampilan para Orang Dengan Kecacatan, seharusnya ada sarana transportasi yang mengkoordinasi kedatangan mereka ke Rumah Kasih Sayang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/405/051506315
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 15:09
Last Modified: 05 Oct 2015 15:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117455
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item