Pengaruh reformasi Organisasi Pengelolaan Pelayanan Haji terhadap Kepuasan Jamaah Haji (Studi Pada Kantor Kementrian Agama Kota Malang).

Khoiruddin, Hafidz (2015) Pengaruh reformasi Organisasi Pengelolaan Pelayanan Haji terhadap Kepuasan Jamaah Haji (Studi Pada Kantor Kementrian Agama Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Organisasi sektor publik menghadapi masalah yang sangat komplek. Reformasi yang terjadi menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma dalam sistem pemerintahan. Salah satu bentuk pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah penyelenggaraan dan pelayanan pada jamaah haji. Masalah yang dihadapi penyelenggara haji adalah tingkat kepuasan jamaah haji yang menunjukkan adanya penurunan dari tahun 2011 hingga tahun 2013. Penyebabnya adalah pelayanan dan kinerja dari penyelenggara haji yang kurang memuaskan. Sedangkan keberhasilan suatu operasional haji adalah ditinjau dari pelayanan yang berlangsung lancar dan sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan reformasi organisasi terhadap kepuasan pelayanan haji dan mengetahui faktor yang mempengaruhi keterkaitan organisasi terhadap kepuasan pelayanan haji. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah para jamaah haji dari tahun 2011 hingga 2013 yang berada di wilayah kota malang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik purpose sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skala reformasi organisasi pengelolaan pelayanan terdiri dari 8 item pertanyaan dengan reliabilitas 0,844 dan skala kepuasan jamaah haji yang terdiri dari 4 item pertanyaan dengan reliabilitas 0,719. (2) Berdasarkan uji regresi linier sederhana menggunakan Df1 = 1 dan Df2 = 98 dengan koefisien determinasi sebesar 0,795, menunjukkan bahwa reformasi organisasi pengelolaan pelayanan haji mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepuasan jamaah haji. (3) Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan Fhitung > Ftabel yakni sebesar 168,888 > 2,479. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa variabel reformasi pengelolaan pelayanan haji berpengaruh terhadap kepuasan jamaah haji. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan: (1) Bagi Subjek Penelitian: untuk memperbaiki pelayanan penyelenggaraan haji, kerjasama antar bagian harus ditingkatkan; (2) peningkatan kualitas sumber daya harus benar-benar diperhatikan sehingga upaya untuk melakukan reformasi organisasi dapat dilakukan secara maksimal (3) Bagi penelitian selanjutnya yang menjadikan penelitian ini sebagai acuan dan referensi sehingga hasil penelitian menjadi lebih detail dan akurat, hendaknya membuat instrument penelitian dengan jumlah pernyataan yang lebih cermat dan tepat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/376/051505178
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2015 10:11
Last Modified: 02 Oct 2015 10:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117422
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item