Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata Jawa Timur Park 2 Kota Batu),

Aprilia, Fitri (2015) Pengaruh Word of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata Jawa Timur Park 2 Kota Batu),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung; (2) pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung; dan (3) pengaruh Minat Berkunjung terhadap Keputusan Berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 112 orang responden yang merupakan pengunjung tempat wisata Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel Word of Mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Berkunjung (Y1) dengan koefisien jalur (ß) sebesar 0,543 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel Word of Mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y2) dengan koefisien jalur (ß) sebesar 0,365 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (3) variabel Minat Berkunjung (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Berkunjung (Y2) dengan koefisien jalur (ß) sebesar 0,491 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak Jatim Park 2 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dengan melakukan e-wom seperti melalui media sosial. Selain itu juga meningkatkan kualitas fasilitas yang diberikan serta lebih inovatif dengan menciptakan wahana-wahana yang dapat disukai oleh semua orang dan menimbulkan pengalaman positif. Lebih jauh mereka yang memiliki pengalaman positif akan merekomendasikan kepada orang lain dan akan dapat menarik minat sehingga berakhir pada keputusan berkunjung di Jatim Park 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/367/051505169
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Oct 2015 08:53
Last Modified: 02 Oct 2015 08:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117412
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item