Analisis Tax Planning Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan (Studi Pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang),

Ernawati, Ayu (2015) Analisis Tax Planning Sebagai Salah Satu Upaya Penghematan Pajak Penghasilan (PPh) Badan (Studi Pada PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Tanpa pajak, kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Sebagian besar dana yang digunakan untuk membiayai pengeluaran sehubungan dengan kegiatan penyelenggaraan negara berasal dari pajak. Perpajakan sebagai salah satu bentuk kegiatan pemerintah yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan negara, mempunyai tujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Dari fenomena yang terjadi, perusahaan dalam hal ini manajemen keuangannya, berusaha agar dapat melakukan penghematan pajak dalam koridor ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku. Usaha meminimumkan beban pajak yang dimana tetap dalam konteks mematuhi ketentuan perpajakan dikenal dengan nama perencanaan perpajakan (tax planning). Penelitian yang dilakukan sehubungan dengan fenomena yang dialami pada perusahaan sebagai wajib pajak, bertujuan untuk mengetahui hasil penghitungan laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal yang diterapkan dan mengetahui usaha perencanaan pajak penghasilan yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Di samping itu, dengan adanya permasalahan yang telah dikemukakan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif. Metode ini digunakan karena peneliti ingin mendiskripsikan keadaan perusahaan dalam melakukan perencaan pajak (tax planning) untuk meningkatkan efisiensi pajak penghasilan dengan cara yang tidak bertentangan dengan undang-undang perpajakan yang berlaku pada saat ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan perpajakan yang dilakukan dalam hal ini penghematan atas pajak penghasilan yang dibayar oleh PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang belum sepenuhnya dilakukan secara optimal. Hal ini dikarenakan masih terdapat beberapa komponen yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk menghemat pajak tetapi belum digunakan sepenuhnya oleh perusahaan sehingga jumlah PPh yang harus dibayar masih terbilang cukup besar. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya perencanaan pajak, penghematan pajak yang dilakukan dapat lebih optimal karena dengan melakukan perencanaan perpajakan, diketahui PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang dapat memperoleh penghematan pajak sebesar Rp 849.265.934,25 pada tahun 2011, Rp 869.388.290,50 pada tahun 2012 dan Rp 307.189.706,12 pada tahun 2013. PT. Sang Hyang Seri (Persero) Kantor Regional III Malang sebaiknya harus selalu mengikuti perkembangan peraturan perpajakan terbaru agar terhindar dari penggelapan pajak sehingga merugikan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/365/0051505167
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2015 15:29
Last Modified: 01 Oct 2015 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117410
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item