Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada pengguna produk Uniqlo di Indonesia).

Kristiawan, DanielIman (2015) Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Kesadaran Konsumen Pada Produk Internasional (Studi pada pengguna produk Uniqlo di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan globalisasi menyebabkan perdangangan bebas yang mana kondisi ini membutuhan kecepatan, ketepatan, dan efektifitas dalam aktivitasnya. Komunikasi awal dalam memasarkan sebuah produk pun mengalami perubahan, dari hanya memasarkan dengan cara mendatangi konsumen secara tatap muka, saat ini mulai mengalami modernisasi komunikasi yang disebut dengan new wave technology. Pemasaran melalui teknologi memudahkan bagi seorang penjual untuk melakukan strategi pengenalan produk kepada konsumennya melalui platform media sosial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh variabel pemasaran melalui media sosial terhadap kesadaran konsumen pada produk Uniqlo di Indonesia. Populasi sampel dalam penelitian ini terdiri atas 119 responden yang pernah menggunakan produk Uniqlo yang berada di Kota Bandung, Surabaya, dan Malang. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel brand exposure, customer engagement, dan electronic word of mouth merupakan variabel yang berpengaruh terhadap kesadaran konsumen dalam media sosial. Hasil ini sesuai dengan pengujian secara simultan dengan melakukan pengujian uji F yang memiliki hasil nilai F hitung sebesar 26.142 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi pada penelitian sebesar 40,5%. Variabel brand exposure (X1) memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap kesadaran konsumen, hal ini diketahui melalui pengujian uji t yang mana nilai t hitung variabel brand exposure sebesar 0,137 dan nilai signifikansi sebesar 0,891. Variabel customer engagement (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, hal ini diketahui melalui pengujian uji t yang mana nilai signifikansi variabel customer engagement sebesar 0,026 dan nilai t hitung sebesar 2.251. Variabel electronic word of mouth (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran konsumen, hal ini diketahui melalui pengujian uji t yang mana nilai signifikansi variabel e-wom sebesar 0,000 dan nilai t hitung sebesar 5.172. Variabel electronic word of mouth merupakan variabel bebas yang memiliki pengaruh secara dominan dan efektif terhadap kesadaran konsumen. Penelitian ini memberikan rekomendasi terhadap Uniqlo dapat memaksimalkan manfaat dari penggunaan media sosial dalam membangun kesadaran konsumen pada produk serta meningkatkan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen agar semakin dekat.

English Abstract

Globalization creates new era of free trade, that requires speed, accuracy, and effectiveness in activities. Early marketing communications have to change from face to face communication to modernization communication which is called new wave technology. Marketing through technology make easier for marketers to apply introduction of product strategy to consumer. The type of this research is explanatory research with quantitive approach. The purpose of this study to analyze the influence of social media marketing variable to consumer awareness. Data for this study obtained from 119 respondents who had used the product of Uniqlo in Bandung, Surabaya, and Malang. Data analysis technique in this study used multiple linier regressions. The result of this study shows that brand exposure, customer engagement, and electronic word of mouth have positive correlation with consumer awareness and the most effective and dominant variable is electronic word of mouth. These results are consistent with the simultaneous testing by testing the F test which has the result calculate F value of 26.142 and significance value of 0.000. The coefficient of determination in this study amounted to 40,5% Variable brand exposure (X1) has influence but not significance to variable consumer awareness (Y), based through testing t test of brand exposure t value is 0.137 and significant value is 0.891. Variable customer engagement (X2) has significance influence to variable consumer awareness (Y), based through testing t test of brand exposure t value is 2.251 and significant value is 0,026. Variable electronic word of mouth (X3) has significance influence to variable consumer awareness (Y), based through testing t test of brand exposure t value is 5.172 and significant value is 0,000. This study provides recommendations for Uniqlo maximize profit from social media in order to build consumer awareness on product and improve communication between company and consumers more closely.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/333/051504623
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Aug 2015 15:47
Last Modified: 21 Oct 2021 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117376
[thumbnail of SKRIPSI_-_DANIEL_IMAN_K._(115030307111030).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_DANIEL_IMAN_K._(115030307111030).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item