Perlunya Pemahaman Lintas Budaya Dalam Proses Negosiasi Bisnis (Studi Pada PT. Pratama Jaya Perkasa)

Pratama, Indra (2015) Perlunya Pemahaman Lintas Budaya Dalam Proses Negosiasi Bisnis (Studi Pada PT. Pratama Jaya Perkasa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Pratama Jaya Perkasa merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang Konstruksi, Mechanical dan Electrical yang berada di Bekasi Barat, Jawa Barat, Indonesia. Dalam kegiatannya PT. Pratama Jaya Perkasa sering berhadapan dengan perusahaan asing, terutama perusahaan dari Jepang. PT. Pratama Jaya Perkasa memiliki seorang karyawan asing yang berasal dari Jepang. Perekrutan karyawan asing dari Jepang ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi (dalam hal ini di bidang jasa). Pemilihan karyawan asing dari Jepang dikarenakan banyaknya perusahaan asing yang berasal dari Jepang yang menanamkan investasinya di Indonesia. Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi proses negosiasi bisnis PT. Pratama Jaya Perkasa dan kendala yang dihadapi . Penelitian ini juga menjelaskan peran dari pemahaman lintas budaya yang dimiliki oleh PT. Pratama Jaya Perkasa dan apa saja yang menjadi tolak ukur dan hasil dari pemahaman lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis PT. Pratama Jaya Perkasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan trianggulasi yang dilakukan kepada dua key informan dan lima orang dari divisi terkait, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman lintas budaya yang dimiliki oleh dua orang key informan di PT. Pratama Jaya Perkasa cukup baik, khususnya mengenai budaya Jepang. Pemahaman lintas budaya yang baik mengenai budaya Jepang dikarenakan karena pengalaman bekerja dengan orang dan perusahaan Jepang, sedangkan salah satu key informan memang berasal dari Jepang. Peran pemahaman lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis bisa terlihat dengan banyaknya proyek-proyek dari perusahaan Jepang yang dikerjakan oleh PT. Pratama Jaya Perkasa. Kehadiran karyawan asing yang berasal dari Jepang menjadi nilai tambah bagi PT. Pratama Jaya Perkasa. Relationship yang baik dan banyaknya relasi bisnis dari Jepang yang dimiliki karyawan asing tersebut membuat PT. Pratama Jaya Perkasa bisa lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari customer Jepang. Tolak ukur keberhasilan pemahaman lintas budaya vii yang dimiliki PT. Pratama Jaya Perkasa yaitu mendapatkan profit yang tinggi, produktivitas yang tinggi, mendapatkan kepercayaan dari customernya, serta memperbanyak relasi bisnis. Hasil dari pemahaman lintas budaya dalam proses negosiasi bisnis yang dilakukan PT. Pratama Jaya Perkasa yaitu pencapaian target untuk mendapatkan profit yang tinggi, tingginya produktivitas yang dimiliki PT. Pratama Jaya Perkasa, serta banyaknya relasi bisnis yang memberikan kepercayaan untuk memberikan pekerjaan kepada PT. Pratama Jaya Perkasa.

English Abstract

PT. Pratama Jaya Perkasa is a service company specializing in the field of Construction, Mechanical and Electrical located in West Bekasi, West Java, Indonesia. In the activities of PT. Pratama Jaya Perkasa often dealing with foreign companies, especially companies from Japan. PT. Pratama Jaya Perkasa has a foreign employee who came from Japan. Recruitment of foreign employees of Japan aims to increase the amount of production (in this case in the field of services). Selection of foreign employees from Japan because many foreign companies from Japan who invest in Indonesia. The purpose of this study was to describe the factors that influence the process of business negotiations PT. Pratama Jaya Perkasa and the obstacles encountered. This study also describes the role of cross-cultural understanding which is owned by PT. Pratama Jaya Perkasa and what are the benchmarks and the results of cross-cultural understanding in the process of business negotiations PT. Pratama Jaya Perkasa. The method used in this research is a descriptive study with a qualitative approach. Data collection methods used were interviews with triangulation were made to two key informants and five people from related divisions, observation and documentation. The results of this study indicate that cross-cultural understanding which is owned by two key informants in PT. Pratama Jaya Perkasa pretty good, especially on Japanese culture. Good cross-cultural understanding of Japanese culture because as experience working with people and Japanese companies, while one of the key informants did come from Japan. The role of cross-cultural understanding in the process of business negotiations can be seen by the many projects of Japanese companies is done by PT. Pratama Jaya Perkasa. The presence of foreign employees from Japan is an added value for the PT. Pratama Jaya Perkasa. Good relationship and a number of Japanese business relationships owned foreign employees make PT. Primary Jaya Perkasa can more easily gain the trust of Japanese customers. Measure of the success of cross-cultural understanding which is owned by PT. Pratama Jaya Perkasa is getting high profit, high productivity, gain the trust of its customers, and increase business relations. The results of cross-cultural understanding in business negotiation process conducted by PT. Pratama Jaya Perkasa namely the achievement ix of the target to get a high profit, high productivity which is owned by PT. Pratama Jaya Perkasa, as well as many business relationships that give credence to provide jobs to the PT. Pratama Jaya Perkasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/320/051504612
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Aug 2015 09:31
Last Modified: 21 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117362
[thumbnail of 051504612_-__Indra_Pratama.pdf]
Preview
Text
051504612_-__Indra_Pratama.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item