Penerapan Good Governance dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Perspektif Asas Transparansi dan Akuntabilitas di Dinas Pendidikan Kota Batu).

Milladia, IndyAini (2015) Penerapan Good Governance dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Perspektif Asas Transparansi dan Akuntabilitas di Dinas Pendidikan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintah daerah memiliki wewenang untuk mengatur dan mengurus daerahnya sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Mengingat kebutuhan masyarakat ada di berbagai bidang, suatu pelayanan publik sangat dibutuhkan untuk memudahkan pemerintah daerah dalam proses penyelenggaraan pelayanan publik. Salah satunya adalah Dinas Pendidikan yang melayani program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pada program tersebut terdapat asas yang sesuai dengan karakteristik good governance serta pelayanan publik di dalam penyelenggaraannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan good governance dalam penerimaan peserta didik baru berdasarkan perspektif asas transparansi dan akuntabilitas di Dinas Pendidikan Kota Batu. Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendidikan Kota Batu, Jalan Bukit Berbunga No. 13 Sidomulyo, Batu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber dan jenis data yaitu data primer yang diperoleh melalui informan dan data sekunder yang berasal pada peristiwa dan dokumentasi. Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan, Dinas Pendidikan sebagai salah satu badan publik telah memberikan informasi tentang penyelenggaraan PPDB kepada sekolah dengan baik. Tetapi Dinas Pendidikan tidak dapat terbuka dalam memberikan informasi PPDB karena informasi hanya diberikan melalui surat edaran kepada sekolah, bukan kepada masyarakat luas. Proses penyelenggaraan PPDB oleh Dinas Pendidikan terkesan lama dan cukup mahal karena harus melalui proses yang panjang. Dengan demikian, pertanggungjawaban Dinas Pendidikan tidak bisa dirasakan oleh masyarakat karena ketidaketerbukaannya dan tidak dilakukan secara proporsional. Dinas Pendidikan juga tidak mempunyai sarana bagi masyarakat untuk menilai kinerjanya.

English Abstract

Local governments have the authority to regulate and manage their region based of the people needs. Given the needs of the community in various fields,a public service is needed to facilitate local governments in the process of implementation of public service. One of which is the Education Office which serve the new student enrollment. In the program there is a principal that is an accordance same characteristics of good governance and public service in the implementation. This study was conducted to determine the good governance practice of the new student enrollment based of transparency and accountability principle in Education Office in the City of Batu). This research was conducted at the Education Office Batu City, Jalan Bukit Berbunga No. 13 Sidomulyo, Batu. This type of research is a descriptive study with a qualitative approach, sources and types of data are primary data obtained through informants and secondary data from the events and documentation. Based on the research that conducted, the Education Office as one of the public agency has provided information on the administration PPDB to school is already good. But the Education Office not transparency in providing PPDB information because the information is only given through circulars to school, not to the general public. PPDB implementation impressed old and expensive because it must go through a long process by Education Office. Accountability of Education Office can not feeled public because not transparency and proportionally. Education Office also haven’t tool to assess their performance for the public.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/304/051504378
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Aug 2015 10:00
Last Modified: 19 May 2023 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117344
[thumbnail of INDY AINI MILLADIA.pdf] Text
INDY AINI MILLADIA.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item