Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik),

Ichwanda, FitriyahInayah (2015) Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada PT Petrokimia Gresik),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Petrokimia Gresik merupakan salah satu perusahaan pupuk terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen pupuk dan produk kimia lainnya yang berdaya saing tinggi dan produknya diminati konsumen, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan (2) Mengetahui faktor peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan (3) Menganalisis strategi yang tepat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, danThreats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Petrokimia Gresik menggunakan strategi STP dan Bauran Pemasaran dalam pemasarannya. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiliki PT Petrokimia Gresik terjamin, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah tuntutan untuk memenuhi kebutuhan subsidi. Peluang terbesar perusahaan adalah permintaan pasar tinggi di Asia Tenggara, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah kurangnya dukungan pemerintah untuk melakukan ekspor. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan yaitu mempertahankan dan memanfaatkan macam produk, kualitas produk, dan pelayanan purna jual yang dimiliki perusahaan untuk memasuki pasar baru dan menjaga kepercayaan konsumen, mempertahankan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki perusahaan, memanfaatkan dermaga dan sarana bongkar muat dengan maksimal untuk melakukan eksportasi, terus melaksanakan kegiatan promosi, melakukan riset pasar, mempererat hubungan antara produsen dengan konsumen, menambah kapasitas produksi perusahaan, membuat pabrik khusus untuk ekspor, dan membeli bahan baku bukan dari trader melainkan langsung dari pemilik sumber bahan baku. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang telah diterapkan PT Petrokimia Gresik sudah cukup baik, akan tetapi untuk keberlangsungan kegiatan ekspor perusahaan, perlu ditingkatkan lagi dengan beberapa alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal dan eksternal perusahaan.

English Abstract

PT Petrokimia Gresik is one of the biggest fertilizer company in Indonesia. PT Petrokimia Gresik has an objective to be producer of fertilizer and chemistry material which has strong power of competition and the product is interested, so it needs a marketing strategy in order to increase sale’s volume and compete with domestic company and multinational company and to incease sale’s volume which are not stable. The purpose of this research are (1) To figure out marketing strategies applied by company (2) To figure out opportunities and threats, strenghts and weaknesses factor of company, and (3) To analyze the appropiate strategies to be implemented by PT Petrokimia Gresik to increase sale’s volume of export. The type of this research is descriptive qualitative research with study. The method of analysis is SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats), with the analysis of EFAS, IFAS, IE, and SWOT matriks. The result showed that PT Petrokimia Gresik are using STP strategy and Marketing Mix to its marketing. By SWOT analysis, it is known that the company’s greatest strength is secure quality of PT Petrokimia Gresik’s product, while the company’s biggest weaknesses is demand to fulfill subsidy necessary. The company’s greatest opportunities is high demand in South Asia, while the biggest threats to thecompany comes from government who don’t give their support to export. Alternative strategies that can be used by PT Petrokimia Gresik are defend and take advantage of type product, quality product, and after sale service to enter new market and keep consumer’s trust, defend quality of company’s human resource, take advantage of pier and load unload tool maximizely to do export, maximize the promotion, to do market research, tighten relationship between producer and consumer, increase capacity of production, build new factory which specially for export, and don’t buy prime material from trader but from owner of prime material. The conclusion obtained in this study that the company strategies that have been applied already good enough, but for the sustainability export of the company, it needs to be improved again with several alternative strategies that have been formulated based on the vision, mission, internal and external analysis of company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/303/051504377
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2015 15:54
Last Modified: 19 Oct 2022 09:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117343
[thumbnail of FITRIYAH INAYAH ICHWANDA.pdf] Text
FITRIYAH INAYAH ICHWANDA.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item