Analisis Sistem Dan Prosedur Penjualan Kamar dan Restoran Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Hotel Mitra Inn Kediri).

Kurniawan, Rizki (2015) Analisis Sistem Dan Prosedur Penjualan Kamar dan Restoran Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Hotel Mitra Inn Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem dan prosedur penjualan kamar dan restoran merupakan salah satu kegiatan dari perusahaan jasa di bidang perhotelan mulai dari penjualan, penerimaan keuangan dan penyimpanan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis sistem dan prosedur penjualan kamar dan restoran yang terdapat dalam Hotel Mitra Inn Kediri dalam meningkatkan pengendalian intern. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis terhadap formulir dan catatan akuntansi dalam penjualan kamar dan restoran, analisis fungsi yang terkait dalam penjualan kamar dan restoran, analisis prosedur penjualan kamar dan restoran dan analisis pengendalian intern dalam sistem dan prosedur penjualan kamar dan restoran. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam prosedur dan sistem penjualan kamar dan restoran yang dilakukan masih terdapat kekurangan. Hal ini ditemukan karena masih adanya perangkapan fungsi pada bagian front office dan pada bagian penjualan restoran. Perangkapan fungsi ini dapat menyebabkan terjadinya kelalaian dan kecurangan, selain itu hal ini juga akan menyebabkan lemahnya pengendalian intern. Pemisahan fungsi pada setiap bagian harus dilakukan untuk meningkatkan pengendalian intern pada hotel tersebut

English Abstract

System and procedure of room and restaurant selling is one of the companys service activities in hotel management start from selling, money earnings,and money savings. This research goal is to describe and analyze the system and procedure of room and restaurant selling that Mitra Inn Kediri Hotel have to improve its internal control. The type of this research is descriptive research using case study approaches. Data collecting through interviews and documentations. Data analysis that used in this research are analysis of form and accountancy record of room and restaurant selling, function analysis that connected to room and restaurant selling, procedure analysis of room and restaurant selling, and internal control analysis in system and procedure of room and restaurant selling. The conclusion of this research we know that in procedure and system of room and restaurant selling that has been done still having some deficiency. This can be found because there are double functional tasking in front office and restaurant selling department. This double functional tasking could causing neglect and corruption beside that this also could causing lack of internal control. Function separation of each department must be done to improve internal control of this hotel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/301/051504375
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Aug 2015 10:55
Last Modified: 25 Jan 2022 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117341
[thumbnail of Rizki Kurniawan FIA Bisnis 115030207113009.pdf]
Preview
Text
Rizki Kurniawan FIA Bisnis 115030207113009.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item