Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Pusat Uin Maulana Malik Ibrahim Malang)

Maharani, Ringgar (2015) Pengaruh Kualitas Layanan Referensi Terhadap Kepuasan Pemustaka (Studi Pada Perpustakaan Pusat Uin Maulana Malik Ibrahim Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi perpustakaan perguruan tinggi dalam memberikan layanan jasa informasi adalah ketidakpuasan pemustaka terhadap kualitas layanan referensi yang diberikan. Layanan referensi merupakan salah satu layanan yang berkaitan dengan koleksi rujukan dan jasa membantu pemustaka untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan referensi yang terdiri dari variabel Affect of Service, Library as Place dan Information Control terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan wawancara. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 reponden. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan persamaan Y=3,400+0,303X1+0,324X2+0,052X3. Hasil uji F menunjukkan angka yaitu 45,435 dengan signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pemustaka. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Affect of Service dan Library as Place terhadap kepuasan pemustaka, sedangkan variabel information control tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Hasil uji determinasi pada penelitian ini menunjukkan 57,4% kepuasan pemustaka dipengaruhi oleh Affect of Service, Library as Place dan Information Control, sedangkan 42,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pemustaka dalam penelitian ini adalah variabel affect of service yang memiliki koefisien standar sebesar 0,464. Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim dalam meningkatkan kualitas layanan referensi sebaiknya lebih meningkatkan pembenahan mengenai sumber daya manusia, meningkatkan keragaman kualitas maupun kuantitas koleksinya serta perpustakaan sebaiknya mampu menciptakan ruang dan lingkungan perpustakaan yang nyaman bagi pemustaka.

English Abstract

One common problem that is often faced by college in the field of information services is a matter of user library dissatisfaction towards the quality of reference service provided. Reference service is one of service that be related to reference collections service and provide the services that help user library to find relevant information with user library needed. This study aims to identify the influence of reference service quality that consist of Affect of Service, Library as Place and Information Control towards user library satisfaction is provided by The Library State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. The method used in this study is method of explanatory research with quantitative approach. Technique of collecting the data was questionnaire and interview. The Sampling selection used accidental sampling method of 100 samples. The analytical method used is the method of multiple linear regression. The results of multiple linear regression test showed the equation Y=3,400+0,303X1+0,324X2+0,052X3. The result of F-test shows that significant impact with number of 45,435 and the level of significance less than 0,05. This test showed that the all independent variables in this study has affect simultaneously against user library satisfaction. In addition t-test shows that variable Affect of Service and Library as Place have significant impact toward user library satisfaction, but variable information control have not significant impact towards user library satisfaction. The test of determination is 58,7 % user library satisfaction is influenced by Affect of Service, Library as Place and Information Control, while 41,3 % influenced by other variable that have not been shown in this study. The most influenced variable in satisfying the user library is affect of service that have a standardized coefficient of 0,464. Library of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang for increase the reference service quality properly more increase to improve about human resources, variety of quality and quantity reference collections and also library have to able to create comfortable space and area for user library..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/300/051504374
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jul 2015 10:24
Last Modified: 15 Jul 2015 10:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117340
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item