Implementasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dalam Meningkatkan Usaha Pertanian (Studi Pada Gapoktan Tulodo Desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang)

Cahyono,NurHadi (2015) Implementasi Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) dalam Meningkatkan Usaha Pertanian (Studi Pada Gapoktan Tulodo Desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan Sumber Daya Alamnya. Namun masih mempunyai permasalahan kemiskinan dan kebanyakan di sektor perdesaan. Padahal sektor perdesaan merupakan sektor yang kaya akan pertaniannya. Namun belum bisa mensejahterakan masyarakat. Hal itu di sebabkan oleh pertanian di perdesaan belum berkembang karena kurangnnya modal bagi petani. Oleh karena itu pada tahun 2007 pemerintah melaksanakan program PUAP untuk membantu modal para petani dalam mengembangkan pertanian melalui pengembangan usaha agribisnis. Namun dalam pelaksanakannya perhatian tujuan pengembangan agribisnis serta peningkatan usaha pertaniannya banyak di lupakan pemerintah dan juga penerima bantuan dan fokus pada perputaran administratif keuangan serta stabilnnya keuangan dan keuntungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui,menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanakan Program PUAP di Gapoktan Tulodo dan juga peningkatan Usaha Pertanian yang di lakukan Gapoktan Tulodo desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan dan juga Agribisnis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data yang di gunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan Miles,Huberman,& Saldana (2013) yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian yaitu PUAP dalam Meningkatkan Usaha Pertanian, dari segi pelaksanaakannya sudah sesuai, namun masih ada sedikit masalah pada pelaksana mengenai konsistensi jadwal pndampingan PMT, pembatasan pinjaman di luara pertanian dan juga sumber daya keuangan serta peralatan kurang bagi Gapoktan tulodo yang berkembang. Dari segi peningkatan usaha saat ini majunamun,pertanian hulu, primer, dan hilir masih kurang maksimal, karena kekurangan modal dan pendampingan tidak maksimal.

English Abstract

Indonesian is a country that is rich of natural resources. However, it still has proverty problem and most of them in rural sector. Though rich in agriculture. However it has not been able to increase the welfare of society. It is caused by agriculture in rural sector has not been developed due to lack of capital for farmer. Therefore, in 2007, the government implemented PUAP program to help farmers in developing capital agriculture trought development of agribusiness. However in practice, the attention of agribusiness goals and agribusiness development has largely forgotten by government and also beneficiaries and focus on financial administrative turnover also financial stability. The purpose of this research is identify, analyze, and describe the implementation of PUAP program in Gapoktan Tulodo and also the improvement of agriculture business in Gapoktan Tulodo Tahunan Village Sale Subdistrict Rembang Regency. This research used descriptive qualitative method. Sources of data was analyzed by miles, huberman, and Saldana (2013) that is data collection, data condensation, data Presentation and conclusion. The result of this research is PUAP increasing agricultural business, from the implementation was already appropriate, though there was a slight problem in the implementation of PMT mentoring schedule consistency,restriction on lending outside the farm and also financial resources and equipment that less for Gapoktan Tulodo to increase. In term of effort, this time forwad, however agriculture upstream is still less than maximum, due to lack of capital and mentoring that was not optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/277/051504073
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jul 2015 14:24
Last Modified: 20 Oct 2021 08:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117314
[thumbnail of 051504079_-_Nur_Hadi_Cahyono.pdf]
Preview
Text
051504079_-_Nur_Hadi_Cahyono.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item