Fatah, AdhitaAbdul (2015) Pengaruh Jumlah Penduduk dan Jumlah Industri Terhadap Penerimaan Pajak Reklame dan Efeknya Pada Penerimaan Pajak Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Kota Malang Periode Tahun 2000-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan Kota Malang saat ini sangat pesat seiring dengan menjamurnya tempat pendidikan, pusat perbelanjaan, perusahaan industri dan bisnis lokal yang tumbuh berkembang dengan berjalannya waktu di berbagai sudut Kota Malang, yang pada akhirnya membutuhkan media reklame sebagai sarana untuk mempromosikan agar dapat dikenal masyarakat. Keadaan ini mendorong Pemerintah Kota Malang untuk menggali potensi pajak yang besar di bidang reklame guna menambah Penerimaan Pajak Daerah. Penelitian ini menduga Jumlah Penduduk dan Jumlah Industri berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Reklame yang pada akhirnya akan mempengaruhi Penerimaan Pajak Daerah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh jumlah penduduk dan jumlah industri terhadap penerimaan pajak reklame dan efeknya pada penerimaan pajak daerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder runtun waktu kuartal dimana data waktu kuartal yang digunakan adalah data tahun 2000-2013 yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Kota Malang dan Badan Pusat Statistik Kota Malang. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan model analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan software SPSS versi 20.0. Hasil analisis jalur dalam penelitian inimenunjukkan bahwa dari variabel Jumlah Pendudukdan Jumlah Industri terhadap Penerimaan Pajak Reklame, hanya variabel Jumlah Penduduk yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Penerimaan Pajak Reklame, dari variabel Jumlah Pendudukdan Jumlah Industriterhadap penerimaan Pajak Daerahhanya variabel Jumlah industriyang berpengaruh tetapi secara negatif terhadap Penerimaan Pajak Daerah, dan variabel Penerimaan Pajak Reklame mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penerimaan Pajak Daerah.
English Abstract
Malang current developments very rapidly along with the proliferation of educational facilities, shopping centers, industrial companies and local businesses that grow over time at various angles Malang, which in turn requires a billboard media as a means to promote to be known to the public. This situation encourages the Government of Malang to explore the potential of huge tax in order to increase the billboard Local Tax Revenue. This study suspect Population and Total Industry Revenue affect the advertisement tax that will ultimately affect the Local Tax Revenue. The purpose of this study was to determine the effect of population size and the number of advertisement industry on tax revenue and its effect on local tax revenues. The data used in this research is secondary data time series in which the quarter-quarter-time data used is the data obtained from the years 2000-2013 Malang Revenue Service and the Central Bureau of Statistics Malang. Research hypothesis testing is done by using the model of path analysis (path analysis) using SPSS software version 20.0. Results of path analysis in this study shows that of the variable Total Population and Total Industry on Tax Revenue Billboards, just Population variables that affect positively and significantly to the Advertising Tax Revenue, of the variable Total Population and Total Industry on Regional Tax acceptance only variable Total industry influential but negatively to the Local Tax Revenue and Tax Revenue Advertising variables have positive and significant influence on the Regional Tax acceptance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/252/051503912 |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Aug 2015 14:59 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117287 |
Preview |
Text
051503912_-_Adhita_Abdul.pdf Download (13MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |