Setianto, IrfeanDwy (2015) Pengaruh Kualitas Layanan Perpustakaan Elektronik Keliling Tehadap Kepuasan Pengguna (Studi pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi menyebabkan kebutuhan akan informasi menjadi meningkat. Layanan Perpustakaan Elektronik keliling (Pusteling) sebagai salah satu jenis layanan yang dimiliki oleh pihak Perpusnas RI dalam memenuhi kebutuhan informasi kepada masyarakat dengan cara mengunjungi satu tempat ke tempat yang lain. Layanan pusteling dituntut untuk memberikan kualitas layanan terbaik kepada para pengguna layanan. Dengan kualitas layanan yang baik diharapkan kepuasan dari pengguna dapat terpenuhi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan perpustakaan elektronik keliling dengan variabel Service affect, Library as Place, Personal control, dan Information Access terhadap kepuasan pengguna pada perpustakaan Nasional RI. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini menggunkan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Teknik ini dipilih karena ingin lebih fokus meneliti kepada pelajar yang sedang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang responden. Sampael ini diambil pada sekolah yang dikunjungi layanan pusteling diantaranya; 1) SMK Poncol, 2) SMK 11 Jakarta, 3) SMK Satya Bahkti. Perhitungan menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji t dan Uji f. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap masing-masing variabel bebas (X) yang terdiri dari Service affect (X1), Library as place (X2), Personal control (X3), dan Information access (X4) terhadap variabel terikat tingkat kepuasan pengguna (Y) secara parsial atau individu. Diperoleh hasil tiga varaiebel bebas yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat kepuasan pengguna, variabel tersebut diantranya Library as Place (X2), Personal control (X3), dan Information access (X4). Sedangkan untuk variabel Service affect (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial. Hasil uji f menunjukan secara simultan atau bersama-sama bahawa variabel Service affect (X1), Library as place (X2), Personal control (X3), dan Information access (X4) memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pengguna (Y) dengan nilai Fhitung > F tabel ( 25,789 > 2,46) dengan nilai signifikan (0,000) < α = 0,05. Dalam penelitin ini menunjukan bahwa variabel Information access (X4) memiliki pengaruh dominan terhadap tingkat kepuasan pengguna (Y).
English Abstract
Science and information technology development increases the necessary of information. Layanan Perpustakaan Elektronik keliling (Pusteling) or E-Mobile Library Services as one of services that belongs to National Libary of Indonesian Republic, it fulfills the information needs of society by visiting one place to another. This service is required to give best quality services for its users in order to met the users satisfaction. This study is conducted to find the impact of E-Mobile Library Services quality with Service affect, Library as Place, Personal control, and Information Access variables towards users satisfaction in National Library of Indonesian Republic. Types of research used is explanatory research with quantitative approach. The sampling technique in this study prefers purposive sampling in order to specifically focused on searching the students of SMK. The samples used are 100 respondent. This sample was taken by the E-Mobile Library at the 1) SMK Poncol, 2) SMK 11 jakarta, 3) SMK Satya Bahkti, whereas analysis applied multiple linear regression, t-test, and F-test. The result of research conducted to each independent variables that consist of service affect (X1), library as place (X2), Personal control (X3), and information access (X4) against dependent variable user satisfaction (Y) partially or individually, obtained three independent variables that have partially significant effect against user satisfaction rate, those are Library as Place (X2), Personal control (X3), and Information access (X4). Whereas Service affect (X1) variable has no partial significant effect. Estimation of F test represent that simultaneously variables service affect (X1), Library as place (X2), Personal control (X3), dan Information access (X4) significantly effect towards user satisfaction rate (Y) with Fhitung > Ftabel (25,789 > 2,46) and requirred by significant value significant value 0,000 < α = 0,005. The research also resulted variable (X4) Information acces as the most influential (dominant) variable towards user satisfaction rate (Y).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/250/051503910 |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 15:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117285 |
Preview |
Text
skripsi_lengkap_BAB_1-5.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |