Persepsi Pemustaka Terhadap Pelayanan Sirkulasi Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kota Batam

Muharama, SafiraTaris (2015) Persepsi Pemustaka Terhadap Pelayanan Sirkulasi Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kota Batam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan suatu lembaga yang memberikan jasa termasuk perpustakaan memberikan dampak yang besar terhadap persepsi pengguna layanan tersebut. Perpustakaan di Indonesia, khususnya untuk Kota Batam yang memberikan pelayanan jasa kepada pemustakanya juga harus tetap bisa menjaga kualitas pelayanan nya terutama pelayanan sirkulasinya yang menghubungkan secara langsung antara pustakawan dan pemustakanya. Baik dan buruknya pelayanan sirkulasi yang diberikan akan memberikan dampak yang sangat besar pada persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan di perpustakaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap kualitas pelayanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Batam. Jenis penelitian ini menggunakan purposive sampling.Sampelnya adalah setiap pengunjung perpustakaan yang sudah menjadi anggota.Banyaknya sampel yang digunakan dihitung menggunakan rumus Yamanae dengan jumlah 91 sampel. Variabel dalam penelitian ini bersifat tunggal yaitu persepsi pemustaka terhadap kualitas layanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Batam. Pengukuran persepsi pemustaka berdasar 5 dimensi pelayanan (servqual dimention) yaitu kehandalan (reliability), jaminan (assurance), daya tanggap (responsiveness), empati (emphaty) dan bukti langsung (tangibles). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi sebagian besar pemustaka terhadap kualitas pelayanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Batamdengan total nilai rata-rata 3,30, sehingga penafsiran/interpretasinya tergolongsangat baik.

English Abstract

Service Quality in the institution that provides services including libraries brings a large impact on the user’s perception of libraries services. Libraries in Indonesia, especially for the city of Batam, it must be able to maintain the quality of services, especially services that connect directly circulation between librarians and user’s. Good and bad service given by circulation will give a huge impact on the perception of the visitors to the library service quality. Thepurpose of this study was to determine user’s perception towards circulation of library and archive office in Batam. The study used a purposive sampling method. Samples were taken from visitor’s who have already joined as a member of the libraries with 91 people was taken as sample using Yamane’s population-based method. The variables in this study is only one, there isUser’s perceptionstowards service quality of libraries and archive office circulation in Batam. The analysis on the perception is based on five service quality dimensions: reliability, assurance, responsiveness, empathy and tangibles. The results showed that User’s perceptions towards service quality of libraries and archive office circulation in Batam is excellent. As the average value is 3.30, the interpretation is excellent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/240/ 051503789
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Jun 2015 14:05
Last Modified: 29 Jun 2015 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117274
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item