Rahma, NuridaMaulidia (2015) Strategi Meningkatkan Minat Baca Anak (Studi Pelaksanaan Program Peningkatan Minat Baca Anak Pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan memiliki tanggung jawab atas minat baca masyarakatnya. Mengingat bahwa membaca sarat akan manfaatnya, maka minat baca ditanamkan sejak dini. Meningkatkan minat baca sejak dini merupakan salah satu tugas Perpustakaan Umum. Maka untuk meningkatkan minat baca anak, Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang merancang strategi. Strategi yang diterapkan oleh Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang untuk meningkatkan minat baca anak yaitu dengan membangun ruang khusus untuk anak yang disebut dengan Ruang Baca Anak. Selain ruang baca anak, Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang melengkapinya dengan berbagai program yang dapat menarik minat pemustaka untuk berkunjung dan membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisa strategi beserta pelaksanaan program peningkatan minat baca anak pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang, dan juga bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung peningkatan minat baca anak pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui model analisis dari Connaway dan Powell (2010). Penelitian dilakukan dengan wawancara kepada Kepala seksi Layanan dan Informasi (periode waktu menyesuaikan), Petugas Layanan Ruang Baca Anak (pengasuh ruang baca anak), Pengunjung Ruang Baca Anak (Pengunjung anak, dan pendamping pengunjung anak), dan Pustakawan (yang memahami/ mengikuti perencanaan dan pelaksanaan program peningkatan minat baca anak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Program Peningkatan Minat Baca Anak (Kunjungan berkelompok, Mendongeng, Pemutaran film anak, Pojok kreativitas, dan Permainan edukatif) belum berhasil meningkatkan jumlah pengunjung dan minat baca anak diakibatkan kurangnya promosi. Berdasarkan wawancara dengan 52 informan (pengunjung dewasa dan anak) dapat disimpulkan bahwa sebagian besar informan tidak mengetahui program. Sedangkan program yang diyakini informan dapat meningkatkan minat baca anak adalah Kunjungan berkelompok (24 orang), Mendongeng (24 orang), Pemutaran Film (16 orang), Permainan Edukatif (15 orang), dan pojok kreativitas (15 orang), dan 45 orang setuju untuk menabahkan program baru. Sehingga perlu dilakukan kegiatan promosi. Perpustakaan Umum Kota Malang dapat mempromosikan Ruang Baca Anak beserta layanan, fasilitas, koleksi maupun program&/kegiatan yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/239/051503788 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 13:37 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117272 |
Preview |
Text
115030700111030-NURIDA_MAULIDIA_RAHMA-Skripsi.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |