Pengaruh Responsivitas Petugas Pajak Terhadap Kepuasan Dan Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan)

Kusumawardani, KadekWiji (2015) Pengaruh Responsivitas Petugas Pajak Terhadap Kepuasan Dan Kepatuhan Wajib Pajak ( Studi Pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan : (1) pengaruh responsivitas petugas pajak terhadap kepuasan Wajib Pajak; (2) pengaruh responsivitas petugas pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak; (3) pengaruh kepuasan Wajib Pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi responsivitas petugas pajak, kepuasan Wajib Pajak dan kepatuhan Wajib Pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan. Sampel sebanyak 96 orang responden yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dan penelitian ini diketahui bahwa : (1) variabel responsivitas petugas pajak (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan Wajib Pajak (Y1) dengan koefisien jalur (p) sebesar 0,826 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel responsivitas petugas pajak (X) memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel kepatuhan Wajib Pajak (Y2) dengan koefisien jalur (p) sebesar 0,090 dan tingkat signifikansi 0,498 (p>0,05); (3) variabel kepuasan Wajib Pajak (Y1) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel kepatuhan Wajib Pajak (Y2) dengan koefisien jalur (p) sebesar 0,616 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Selatan lebih meningkatkan responsivitas petugas pajak untuk meningkatkan kepuasan Wajib pajak dan memicu kepatuhan Wajib Pajak. Kata kunci : Responsivitas, Kepuasan, Kepatuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/233/ 051503783
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Jul 2015 10:12
Last Modified: 02 Jul 2015 10:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117266
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item