Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang)

Agustin, RisnaDwi (2015) Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Green Marketing terhadap Minat Beli; (2) pengaruh Green Marketing terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 102 orang responden yang merupakan konsumen Non-member Tupperware di Kota Malang yang melakukan pembelian di PT Adicitra Prima Kencana dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan angket secara langsung di PT Adicitra Prima Kencana. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel Green Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Minat Beli; (2) variabel Green Marketing berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (3) variabel Minat Beli berpengaruh secara langsung signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Dapat disimpulkan bahwa Green Marketing mempengaruhi Minat Beli dan Keputusan Pembelian, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Dengan demikian, sebaiknya perusahaan Tupperware terus mempertahankan program pemasaran hijau yang diusung dengan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk plastik yang berkualitas dan ramah lingkungan. Hal ini akan membentuk ketertarikan konsumen terhadap produk Tupperware, sehingga dapat berdampak pada keputusan pembelian konsumen.

English Abstract

This study aimed to: (1) determine the effect of Green Marketing on Purchase Intention; (2) determine the effect of Green Marketing on Purchase Decision; (3) determine the effect of Purchase Intention on Purchase Decision. The type of research used explanatory research with quantitative approach. The total sample is 102 consumers non-member Tupperware who purchased Tupperware at PT Adicitra Prima Kencana and used Purposive Sampling techniques. Data were collected through questionare. Descriptive analysis and path analysis was used as a data analysis techniques. The result of the study reveals that: (1) Green Marketing has direct and significant effect on Purchase Intention; (2) Green Marketing has dirrect and significant effect on Purchase Decision; (3) Purchase Intention has direct significantly effect on Purchase Decision. Thus, Tupperware company should continue to mantain green marketing program with supported the innovation in producing better quality plastic product and environmentally friendly. This innovation will make the consumers interst to choose Tupperware products, so that it can have an impact on the purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/222/ 051503605
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 03 Jun 2015 15:02
Last Modified: 03 Jun 2015 15:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117255
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item