Pembelajaran Shoukei Moji Dan Shiji Moji Tingkat Dasar Melalui Media Gambar Ilustrasi Dan Cerita

Mauludin, Primanggara (2017) Pembelajaran Shoukei Moji Dan Shiji Moji Tingkat Dasar Melalui Media Gambar Ilustrasi Dan Cerita. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang peneliti temukan pada kebanyakan mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Jepang yang mana kemampuan mahasiswa dalam menghafal dan memahami Kanji masih kurang. Hal tersebut dikarenakan kurangnya terbiasanya mereka dalam menggunakan huruf Kanji yang dapat diartikan sebagai huruf baru bagi mereka. Dalam pengenalan huruf Kanji, diperlukan perlakuan khusus. Penggunaan media yang sesuai dan menarik dapat membantu siswa dalam menghafal Kanji. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah efektivitas dan respon terhadap media ilustrasi gambar dan cerita dalam peningkatan kemampuan membaca Kanji pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya dengan nilai C+ kebawah dalam mata kuliah Moji 1. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dan respon mahasiswa terhadap media ilustrasi gambar dan cerita dalam peningkatan kemampuan membaca huruf Kanji mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya dengan nilai C+ kebawah dalam mata kuliah Moji 1 yang dapat dilihat dari hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design, dengan metode Pretest, treathment, dan postest. Setelah penelitian ini dilakukan , kemampuan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2016 Universitas Brawijaya dengan nilai C+ kebawah dalam mata kuliah Moji 1dalam membaca huruf Kanji meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan rata – rata nilai mahasiswa dari 59,0 saat Pretst meningkat menjadi 90,9 saat Postest. Dari perhitingan t-test didapatkan hasil nilai t sebesar 4,47, lebih besar dari t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan db sebesar 20. Respon siswa dalam angket memiliki tingkat kesetujuan sebesar 82,9% dengan kriteria”Sangat Setuju”. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ilustrasi gambar dan cerita dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf Kanji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/495/051706413
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Ilustrasi Gambar dan Cerita, Shoukei Moji dan Shiji Moji
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.3 Artificial intelligence > 006.31 Machine learning
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:18
Last Modified: 09 Nov 2020 03:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1172
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Actions (login required)

View Item View Item