Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Jombang (Studi Kasus Pada Taman Tirta Wisata Keplaksari Kabupaten Jombang)

Rahayu, RetnoPuji (2015) Strategi Pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan Pariwisata di Kabupaten Jombang (Studi Kasus Pada Taman Tirta Wisata Keplaksari Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Jombang memiliki banyak daya tarik wisata. Salah satunya adalah Taman Tirta Wisata Keplaksari. Tempat ini merupakan salah satu sektor unggulan di Kabupaten Jombang tetapi masih kurang diminati dan pengunjungnya lebih sedikit daripada tempat-tempat wisata lain yang berada di Kabupaten Jombang. Dibutuhkan strategi dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Jombang khususnya pada Taman Tirta Wisata Keplaksari agar tempat wisata ini lebih menarik dan banyak diminati oleh masyarakat. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis strategi pemerintah daerah dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Jombang,mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan pengembanganpariwisata, serta mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan wisata di Kabupaten Jombang khususnya padaKawasan obyek wisata Taman Tirta Wisata Keplaksari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Instrumen penelitian yang digunakan peneliti itu sendiri, pedoman wawancara dan perangkat penunjang lainnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan Pariwisata pada Taman Tirta Wisata Keplaksari masih belum optimal karena masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu perhatian lebih lanjut agar strategi pengembangan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata sesuai dengan tujuan pengembangan pariwisata khususnya pada Taman Tirta Wisata Keplaksari yaitu mewujudkan peningkatan tujuan wisatawan dan peningkatan kesejahteraan pelaku dan masyarakat di sekitar Daerah Tujuan Wisata.

English Abstract

Jombang regency has many tourist attraction. One of them is Taman Tirta Wisata Keplaksari. This place is one of the leading sector in Jombang regency but still less interest and fewer visitors than any othertourist attractions are located in Jombang regency. It takes strategy of Local Government through the Department of Youth, Sport,Culture and Tourism in developing the tourism in Jombang regency especially in Taman Tirta Wisata Keplaksari that is more interesting sights and much in demand by the public. This study aims to determine, describe and analyze the strategies of local governments in developing the tourism in Jombang, know, describe and analyze the results achieved in the implementation of the development of tourism, and to know, describe and analyze the factors supporting and inhibiting the development of tourism in Jombang regency, especially in tourist areas Taman Tirta Wisata Keplaksari. This type of research used in this research is descriptive research with qualitative approach. Source of data used are primary data and secondary data. Data collection techniques with interview, observation and documentation. The research instrument used by researchers them selves, interview and other supporting devices. Analysis of the data used in this studyis a model of interactive data analysis. The results of this study indicate that the Tourism Development Strategy in the Taman Tirta Wisata Keplaksari still not optimal because there are still some deficiency that need further attentionin order that the development strategy implemented by the Government Jombang through the Department of Youth, Sports, Culture and Tourism in accordance with the purpose of the development of tourism, especially in Taman Tirta Wisata Keplaksari is to realize an increase in tourist destinations and increased welfare of the offender and the community around tourist destination areas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/16/051501193
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Feb 2015 16:01
Last Modified: 20 Oct 2021 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117185
[thumbnail of 051501193_-_RETNO_PUJI_RAHAYU.pdf]
Preview
Text
051501193_-_RETNO_PUJI_RAHAYU.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item