Dyah, DiasKususmaNing (2015) Pengaruh Pengetahuan Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Wajib Pajak Badan Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sejak bulan Januari 1984 telah menempuh langkah-langkah strategis dalam upaya untuk meningkatkan penerimaan negara yang disebut sebagai reformasi perpajakan secara menyeluruh. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan peranan masyarakat dalam bidang perpajakan adalah melakukan pembaharuan pajak. Tujuan lain dari adanya reformasi perpajakan ini adalah untuk mengarahkan pada kepatuhan wajib pajak dalam hal melakukan pembayaran pajak, namun hal itu tidak mudah untuk dicapai karena rendahnya kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya akan mempengaruhi besar kecilnya penerimaan negara dari sektor pajak. Rendahnya kepatuhan wajib pajak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya pengetahuan sebagian besar wajib pajak tentang perpajakan, serta persepsi wajib pajak terhadap pajak, dan kualitas pelayanan petugas pajak yang masih rendah. Hal ini harus dianggap suatu fenomena yang harus disikapi, mengingat penerimaan terbesar negara didapat dari sektor pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan fiskus baik secara simultan maupun parsial terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, serta data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi. Obyek penelitian ini adalah Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan fiskus secara simultan maupun parsial terhadap kepatuhan wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jember. Saran yang direkomendasikan mengarah pada pengembangan dan sosialisasi mengenai pentingnya pengetahuan pajak, serta mengembangkan dan menjaga kualitas pelayanan fiskusnya, diharapkan akan memberikan adanya dukungan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam hal ketepatan pembayaran wajib pajak dan menghindarkan perusahaan atau badan usaha dari adanya tunggakan pajak.
English Abstract
Directorate General of Taxation (DGT) since January 1984 has taken strategic steps in an effort to increase state revenue is referred to as a comprehensive tax reform. One way the government to increase the role of the community in the field of taxation is the tax reform. Another objective of this reform is to direct taxation on tax compliance in terms of tax payment, however, it is not easy to achieve because of the low tax compliance in carrying out its obligations will affect the size of the state income tax sector. The low tax compliance can be caused by several factors, among others, the lack of knowledge of most of the taxpayers on taxation, as well as the perception of taxpayers to tax and service quality is still low tax officials. This should be considered a phenomenon that must be addressed, given the countrys largest revenue derived from the tax sector. The purpose of this study was to determine the effect of tax knowledge and quality of service tax authorities simultaneously and partially against taxpayer compliance corporate taxpayers listed on Tax Office Primary in Jember. This study used a explanatory research with quantitative approach. The data used is primary data obtained through questionnaires, as well as secondary data obtained through documentation. Object of this research is the Tax Office Primary in Jember. The results showed that there was a significant effect of tax knowledge and quality of service tax authorities simultaneously and partially against taxpayer compliance corporate taxpayers listed on Tax Office Primary in Jember. Recommended suggestions lead to the development and dissemination of knowledge about the importance of taxes, as well as develop and maintain quality of service tax authorities, is expected to give their support to the taxpayer compliance in terms of timely payment of the taxpayer and avoid the company or entity of any tax arrears.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/158/ 051503009 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 Apr 2015 10:06 |
Last Modified: | 28 Apr 2015 10:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117183 |
Actions (login required)
View Item |