Sasongkoaji, Agan (2018) Analisis Pengaruh Harga Produk, Citra Produk, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Brand Loyality Produk Ikan Kaleng Merek Abc. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk perikanan mempunyai peran penting sebagai pemenuhan kebutuhan protein bagi masyarakat. Namun kandungan protein air dan lemak yang tinggi di dalam ikan membuat produk perikanan menjadi cepat busuk dan mudah mengalami kerusakan. Hal tersebut menjadi salah satu masalah karena dapat mempengaruhi nilai jual dari produk perikanan sehingga diperlukan solusi untuk mengatasinya. Salah satu solusinya adalah dengan cara pengalengan. Pengalengan merupakan suatu kegiatan olahan perikanan yang memberikan nilai tambah pada produk perikanan. Dari berbagai macam merek ikan kaleng dapat diketahui terdapat ikan kaleng merek ABC. Ikan kaleng merek ABC merupakan salah satu dari merek ikan kaleng yang ada di pasaran. Loyalitas merek ikan kaleng merupakan bagian dari ekuitas merek yang akan mempengaruhi pembelian konsumen terhadap suatu produk. Merek yang prestisius akan membuat konsumen semakin tertarik untuk membeli sehingga meningkatkan volume penjualan perusahaan. Loyalitas akan membentuk dan membuat konsumen membeli suatu produk yang bermerek secara teratur dan konsisten sehingga tidak mau beralih ke merek lainnya. Penelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya yang berlokasi di Jalan Veteran, Lowokwaru, Kota Malang. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). SEM sendiri merupakan metode yang dapat digunakan untuk menjelaskan pengaruh dan hubungan antar variabel yang tidak mampu dijelaskan secara langsung. Dalam penelitian dengan SEM ini software yang digunakan oleh peneliti adalah warpPLS VERSI 6.0, sedangkan untuk analisis deskriptifnya menggunakan aplikasi software SPSS versi 22. Hasil dari penelitian ini adalah dari hasil data yang diolah dari responden yang berjumlah 120 orang. Terkait dengan perbandingan merek ikan kaleng merek ABC, Maya, King’s Fisher dan Botan didapatkan hasil untuk atribut rasa, harga, kualitas, ukuran, citra produk dan varian rasa nilai tertinggi semua atribut didapat oleh ikan kaleng merek ABC. Kemudian untuk karakteristiknya terkait jenis kelamin mayoritas adalah perempuan sebesar 65%. Untuk usia yaitu 19 sampai 25 tahun dengan jumlah 87,5%. Untuk jumlah uang saku yaitu kurang dari 1 juta dengan jumlah 60%. Untuk lokasi konsumsi paling banyak yaitu di rumah dengan jumlah 55%. Serta frekuensi konsumsi dalam satu minggu dengan jumlah 87,5% adalah kurang dari 2 kali dalam satu minggu. Pengujian signifikansi digunakan untuk menguji ada tidaknya pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen baik pengaruh secara langsung atau tidak langsung. Kriterianya nilai p value < level of significance (alpha = 5% atau 0.05). Hasil dari uji signifikansinya secara langsung sebagai berikut ; pengaruh kepuasan konsumen terhadap brand loyality berpengaruh signifikan dengan nilai 0.026, pengaruh harga produk terhadap brand loyality tidak vi berpengaruh signifikan dengan nilai 0.195, pengaruh citra produk terhadap brand loyality berpengaruh signifikan dengan nilai 0.001 yang sama dengan pengaruhnya harga produk terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh citra produk terhadap kepuasan konsumen berpengaruh signifikan dengan nilai 0.013. Sedangkan untuk pengaruh secara tidak langsungnya yaitu sebagai berikut ; pengaruh harga produk terhadap brand loyality melalui kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang tidak signifikan dengan nilai 0.135 dan pengaruh citra produk terhadap brand loyality melalui kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang tidak signifikan dengan nilai 0.289. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan semuanya dapat disimpulkan pengaruh secara langsung terhadap brand loyality yang berpengaruh signifikan adalan variabel citra produk dan kepuasan konsumen. Sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan adalah variabel harga produk. Sedangkan untuk model dalam pengaruh secara tidak langsung itu memiliki pengaruh yang tidak signifikan semuanya. Untuk pengaruh terbesar secara langsung dan tidak langsung terhadap brand loyality adalah citra produk dengan nilai 0.365. Kemudian untuk variabel kepuasan konsumen sebesar 0.183 dan harga produk sebesar -0.007. Kemudian terkait hubungan antar variabel adalah harga produk, citra produk terhadap brand loyality memiliki hubungan positif. Sedangkan harga produk memiliki hubungan negatif terhadap brand loyality.
English Abstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2018/192/051804347 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 28 Jun 2018 03:52 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11718 |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (124kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (183kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (290kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (383kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (38kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (86kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (42kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |