Evaluasi Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Rangka Mengurangi Non Performing Loan (NPL) (Studi pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Malang)

Putri, YesyanePramono (2015) Evaluasi Pengendalian Intern Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Rangka Mengurangi Non Performing Loan (NPL) (Studi pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin berkembangnya kebutuhan hidup masyarakat di Indonesia termasuk kebutuhan sandang, pangan maupun papan berdampak pada semakin meningkatnya kebutuhan akan kredit di kalangan masyarakat. Terutama kebutuhan akan papan yang menjadi tolak ukur kesejahteraan hidup seseorang menjadi sesuatu yang dipenuhi sekarang ini. Melihat kebutuhan akan rumah di dalam negeri yang masih menjadi permasalahan sampai sekarang, pemerintah kemudian bekerjasama dengan lembaga keuangan negara berusaha membantu mengatasi fenomena backlog di Indonesia dengan menunjuk PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk secara resmi sesuai SK No. S-554/M-MB4/2002 sebagai bank resmi pelaksana dalam pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan pembiayaan rumah rakyat. Dalam melakukan kegiatannya sebagai penyalur kredit di Indonesia, BTN pasti menemui risiko kredit bermasalah atas kredit yang diberikan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui jaringan prosedur pemberian kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan untuk mengetahui pelaksanaan praktik pengendalian intern dalam jaringan prosedur pemberian kredit yang telah dilakukan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk cabang Malang. Analisis data dilakukan dengan cara mengevaluasi aspek-aspek pengendalian intern dalam proses pemberian kredit mulai tahap permohonan, analisa, pencairan dan monitoring serta mengevaluasi pengendalian intern dalam jaringan prosedur pemberian KPR. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa telah terlihat praktik pengendalian intern yang memadai dalam proses pemberian KPR pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk cabang Malang mulai dari aspek permohonan, analisa, pencairan dan monitoring. Namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam praktik ini yaitu antara lain belum ada pemeriksaan rutin ke tempat tinggal atau usaha debitur setelah kredit cair dan belum adanya surprised audit bagi karyawan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan terkait proses pemberian KPR pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk cabang Malang yaitu dengan melakukan pemeriksaan rutin (inspeksi) ke tempat tinggal atau usaha debitur selama 1 (satu) tahun sekali, penilaian agunan yang sebaiknya dilakukan oleh petugas Loan Administration (LA) supaya dapat memotong waktu dan biaya serta meminta debitur untuk mengirimkan laporan usahanya secara rutin setiap 1 tahun sekali untuk dipantau.

English Abstract

The development of public needs in Indonesia including clothing needs, food needs, and also house needs give an impact on the increasing the need for credit in the community. Especially the need for a house that be benchmark of well being of someone become something that must be fullfilled now. Looking at the house needs in our country that still become a problem until now, so then the government working with the financial institution trying to help overcome the phenomenon of a backlog in Indonesia by officially mentioned PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk according SK No. S-554/M-MB4/2002 as a official bank in the provision of credit ownership of the house (KPR) and public house financing. In doing their activity as a distributor of loans in Indonesia, BTN surely find a non performing credit risk of the credit that they provided to the public. The purposes of this research is to know the network procedures of the provision of credit ownership of the house at PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk and to knowing the practices of internal control in a network procedures of the provision of credit which has been done by PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Malang. Data analysis was done by evaluate the aspects of internal control of credit provision started from application phase, analysis, liquefaction and monitoring phase and also by evaluate the internal control of the network procedures of credit provision. This research using descriptive research type with case study approach. The result of this research has shown sufficient internal control practices in the process of KPR credit provision at PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk branch Malang started from application phase, analysis, liquefaction and monitoring phase. But there are still several weakness in these practice which are there is no surprised audit for the employees, the assessment of guarantee that be done by Loan Administration officer. Based on the research that has been done, so the suggestions that can be given related the process of KPR provision at PT Bank Tabungan Negara Malang are with doing a routine check into a place of a customer residence or businesses once during once a year to monitoring, the assessment of guarantee should be done by Loan Administration officer so that can cut through time and cost and also asked the customer to send their business report regularly once a year, and also doing surprised audit for the employees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/144/051502865
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2015 14:15
Last Modified: 20 Oct 2021 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117169
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_YESYANE_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_YESYANE_PDF.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item