Intervensi Sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam Program Pengenalan Bencana di Sekolah(PENA Sekolah) (studi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang).

Rahman, Fadli Hibatur (2015) Intervensi Sosial Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam Program Pengenalan Bencana di Sekolah(PENA Sekolah) (studi pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

BPBD Provinsi Jawa Timur menggagas Program Pengenalan Bencana di Sekolah yaitu program yang mensosialisasikan tentang kebebencanaan dini terhadap siswa sekolah dasar serta sekolah menengah pertama. Diketahui bahwa masyarakat dengan rentang umur dibawah 15 tahun sangat bisa menjadi korban bahaya bencana, dikarenankan kurang pengetahuan akan bencana dan tidak adanya fasilitas untuk penyelamatan diri. Kabupaten Malang memiliki banyak jumlah SD dan SMP serta terdapat beberapa daerah rawan bencana sangat memerlukan adanya pelaksanaan program Pengenalan Bencana di Sekolah(PENA Sekolah). BPBD Kabupaten Malang juga bertugas sebagai pelaku utama Intervensi Sosial terhadap siswa sekolah tersebut yang bermakna bahwa BPBD sebagai lembaga yang mengembalikan fungsi dasar masyarakat yang harus memahami bahaya bencana disekitranya dan dapat melakukan penyelamatan diri sendiri serta lingkungannya. Program PENA Sekolah belum memiliki dasar pedoman kurikulum permanen, sumberdaya yang mencukupi, serta koordinasi dengan lembaga lain secara maksimal. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Dengan harapan diperoleh informasi yang mendetail dan lengkap dalam memaparkan Intervensi Sosial BPBD Kabupaten Malang dalam pelaksanaan program Pengenalan Bencana di Sekolah. Analisis data yang digunakan adalah Analisis TAIDA yaitu Tracking, Analysing, Imaging, Deciding, dan Acting. Agar analisis masalah dapat terfokus dan maksimal. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah BPBD Kabupaten Malang harus berkoordinasi dengan jelas dengan pihak lain terutama PMI, menetapkan kurikulum yang permanen, menambah sumberdaya manusia atau pengajar materi, dan melakukan upgrading secara berkelanjutan agar dapat memperbaharui materi. BPBD Kabupaten Malang juga diharuskan meningkatkan kinerjanya dan fokus kepada program kerja di bidang masing-masing, serta melakukan evaluasi yang mendalam setiap semester atau tahunan agar program PENA Sekolah dapat mengalami peningkatan secara positif. Demikian Intervensi Sosial juga akan tersampaikan dengan maksimal kepada sasaran program yaitu siswa-siswa SD dan SMP

English Abstract

BPBD East Java Province has the program introduction of the disaster in school is a program that socialize about early disaster against for elementary school students and junior high school. Known that the age range with under 15 years can very danger of becoming victims of disaster, causes of lacking knowledge will be a disaster and the lack of facilities to rescue himself. Kabupaten Malang having a lot of the number of primary and junior high school and there are some areas prone to disaster really need the presence of the implementation of the Pengenalan Bencana di Sekolah (PENA Sekolah) program. BPBD Kabupaten Malang also served as the main social intervention against the school students that are meaningful that BPBD as an institution that restore basic function of the community must understand the danger and disaster surrounded can save themselves and their environment. The PENA Sekolah program do not have the basis of permanent curriculum guidelines , sufficient resources , As well as coordination with other institutions maximally. The kind of research that is used is descriptive research. Hoping that detailed information was obtained and complete in explained social intervention BPBD Kabupaten Malang in the Pengenalan Bencana di Sekolah (PENA Sekolah) Program. An analysis of the data used was TAIDA analysis that is tracking, analysing, imaging, deciding, and acting it out. To analysis of a problem can be focused and a maximum of.n Based on the results of research, advice that can be given is BPBD Kabupaten Malang have to coordinate with clear with other parties especially PMI, set the curriculum permanent , add human resources or teaching material, upgrading and do on an ongoing basis in order to renew matter. BPBD Kabupaten Malang are required to improve its performance and work programs to focus on in their respective fields, as well as undertaking in-depth evaluation every semester or annual that the PENA Sekolah program can positively increased. So social intervention will also transfered with maximum to the program target is of primary school students and junior high school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/137/051502806
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Apr 2015 14:13
Last Modified: 29 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117161
[thumbnail of 051502806_-_FADLI_HIBATUR_RAHMAN.pdf]
Preview
Text
051502806_-_FADLI_HIBATUR_RAHMAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item