Pengaruh Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Survei pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur).

Olivia, DillaFeni (2015) Pengaruh Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Survei pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar pengaruh lingkungan dalam pembentukan perilaku individu khususnya dalam keputusan pembelian yang dalam hal ini adalah produk wisata. Individu dipengaruhi oleh tiga faktor lingkungan yang menyebabkan pembentukan pola perilaku, salah satunya adalah lingkungan eksternal sebagai faktor pendorong utama, sebelum dilanjutkan oleh kedua faktor lainnya. Lingkungan eksternal tersebut meliputi budaya, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor lingkungan eksternal secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap keputusan berkunjung wisatawan Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata seluruh jumlah wisatawan yang berkunjung ke Museum Angkut, Batu Jawa Timur terhitung mulai maret 2014 hingga juli 2014, yaitu sebesar 1.929 orang wisatawan dan sampel penelitian dihitung dengan rumus Slovin, sehingga diperoleh 95 responden sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa budaya, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Sedangkan hasil uji t menyatakan bahwa budaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, kelas sosial secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan, kelompok referensi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dan keluarga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan.

English Abstract

This research was conducted to know how big environmental influences in the process of individual behavior formation, particuraly in taking decision to purchase tourism product. There are three factors that influences an individual behavior formation, which are internal, external and physical environment. External environment including family, culture, social class and reference group is the most influence factor of individual behavior formation. The aim of this research is to know and explain that external environment is taking a part in individual behavior formation partially for taking decision to visit a tourism place. This type of this research is explanatory research and use quantitative questionnaire a method of collecting data. The average population of this research is the number of tourist visiting the Museum Angkut Batu, East Java starting from march until july in 2014. The sample of this research should be 1.929 tourist but using Slovin formula to obtain a sample of respondent, it is only need 95 respondents as a sample. These respondents are choosen by using simple random sampling technique, which is all of the respondents are choosen randomly without noticing the level of the respondents level in society. Data analysis in this research using multiple linier regression analysis aided by SPSS software version 22. Based on the result of the F test is known that family, culture, social class, a reference group jointly have a significant effect on decision of tourists visit. Meanwhile, based on the result of the t test is known that family partially significant effect on decision of tourists visit, culture partially significant effect on decision of tourists visit, social class partially significant effect on decision of tourists visit and a reference group partially significant effect on decision of tourists visit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/136/051502800
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Apr 2015 13:58
Last Modified: 20 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117160
[thumbnail of 051502800_-_DILLA_FENI_OLIVIA).pdf]
Preview
Text
051502800_-_DILLA_FENI_OLIVIA).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item