Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat Dan Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Olx.Co.Id)

Putra, DimasErnomo (2015) Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat Dan Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Olx.Co.Id). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi saat ini membuat semuanya menjadi lebih mudah, salah satunya dalam kegiatan jual beli online. Dengan adanya kemudahan dalam menggunakan teknologi yang bernama internet, semua orang bisa melakukan akses keseluruh dunia dan bisa melakukan perdagangan melalui internet tanpa harus bertemu langsung dengan penjual maupun pembeli. Melakukan perdagangan yang praktis dan cepat akan membuat seseorang akan lebih menggunakan sistem tersebut, sistem yang dimaksudkan adalah e-commerce. Saat ini sudah banyak situs e-commerce yang digunakan oleh semua orang yang ingin mempersingkat waktunya saat melakukan jual beli barang atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan terhadap kemanfaatan, minat dan penggunaan e-commerce. (studi kasus pada pengguna Olx.co.id) dan memberi saran untuk pihak Olx.co.id agar lebih memperhatikan iklan-iklan yang kurang lengkap dalam memberikan informasi barang atau jasa. Berdasarkan pada tujuan penelitian maka metode analisanya adalah dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pembeli/penjual pada Olx.co.id. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder, data primer yang digunakan yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner secara online kepada para responden, dan data sekunder yang digunakan yaitu berasal dari laporan-laporan, jurnal dan arsip literatur-literatur yang relevan. Analisis yang digunakan adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemanfaatan, minat dan penggunaan Olx.co.id secara simultan. Variabel kemanfaatan memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap minat dan penggunaan Olx.co.id.

English Abstract

Advances in information technology are rapidly making things very practical, one of which online trading activities. With the ease of using internet, everyone can access to the rest of the world and can trade without having to be a meeting between the seller and the buyer. Practical and fast trading will make person choose to use the system, and the system is called e-commerce. It is been a lot of e-commerce websites that used by everyone who wants to shorten the time when trading of goods or services. This study aims to determine the effect of perceived usefulness, interest, and the use of e-commerce (case study on users Olx.co.id) and provide input to Olx.co.id for more attention to advertisements that do not giving complete information on goods or services they offer. Based on the research objectives, the method of analysis is to use quantitative analysis by distributing questionnaires to sellers/buyers (users) Olx.co.id. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. Sources of data in this study are primary data and secondary data, primary data used is by distributing online questionairs to the respondents, and secondary data used comes from reports, journals and archives relevant literatures. The analysis of data is using path analysis. The results showed that the ease of having a significant impact on the usefulness, interest, and the use of Olx.co.id simultaneously. Usefulness variables have the most dominant influence on the interest in using Olx.co.id.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/134/ 051502776
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 14 Apr 2015 10:58
Last Modified: 14 Apr 2015 10:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117158
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item