Efektivitas Penggunaan Katalog Online (Opac) Di Perpustakaan Universitas Negeri Malang

Jamil, AhmadSoberun (2015) Efektivitas Penggunaan Katalog Online (Opac) Di Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi informasi atau lebih dikenal dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memasuki hampir seluruh ranah kehidupan manusia. Kehadirannya berdampak luas terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memegang peranan penting dalam distribusi informasi dan memicu terjadi ledakan informasi (information explosion). Memahami informasi semakin penting pada zaman ini, karena perubahan teknologi dan perkembangan sumber informasi sangat cepat, perpustakaan sebagai lembaga penyimpan dan penyebar informasi dituntut untuk bisa selalu pro-aktif dalam menyikapi perkembangan informasi. Perpustakaan harus bisa melakukan seleksi terhadap segala macam sumber informasi yang ada. Sejalan dengan hal tersebut maka untuk memudahkan pengguna dalam menemukan sumber informasi yang sesuai di perpustakaan, dibutuhkan alat bantu seleksi terhadap segala macam bentuk informasi yang ada baik tercetak maupun elektronik. Salah satu bentuk alat bantu seleksi informasi yang dipergunakan di perpustakaan ialah katalog online (OPAC). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan Katalog Online (OPAC) di Perpustakaan Universitas Negeri Malang oleh pengguna perpustakaan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagi alat bantu pengumpul data utama. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OPAC yang diterapkan pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang dapat dikatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan frekuensi dari masing-masing variabel yang terdapat pada kuesioner yang disebarkan pada 200 responden. Penerapan OPAC pada Perpustakaan Universitas Negeri Malang berperan penting dalam mendukung temu kembali informasi dalam hal ini untuk menemukan koleksi yang dimiliki perpustakaan. OPAC dapat menelusur informasi dengan cepat sehingga meningkatkan efektivitas penelusuran informasi di perpustakaan.

English Abstract

Information technology as well known as information technology and communication has been accessed almost all of human life. It has wide effect on various human life aspect. ICT development take crucial part in information distribution and triggers information exploded. Comprehend information is more significant in this era,because the change of technology and information development resources very fast, library as dissemination and information storage institution require always pro-active behavior. Library must do selection to various inform resource. Refering to make easier for user for find a matching inform at library, selection tools for various resources are needed whether it’s printed or electronic. One of information selection tools used in library is online catalogue (OPAC). This research is done to describe effectivity in using online catalogue in UM University by users. The type of this research is descriptive with quantitative approach by distributing questionnaire as data collection tools. Data analysis using statistical descriptive. The result of this research showed that OPAC which is applied on UM University could be called effective based on the result from frequency calculation of each variable on questionnaire which are spread to 200 responders. The UM University OPAC application is very crucial to improve information retrieval, in this condition is to find out library collection. OPAC can browse information quickly so it will improve effectiveness of information retrieval in library.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/129/ 051502756
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Apr 2015 10:59
Last Modified: 13 Apr 2015 10:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117153
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item