Strategi Lembaga Pemasyarakatan Dalam Penguatan Modal Sosial Narapidana Narkotika (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas Ii A Malang)

Subaidah (2015) Strategi Lembaga Pemasyarakatan Dalam Penguatan Modal Sosial Narapidana Narkotika (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas Ii A Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Subaidah,2014, Strategi Lembaga Pemasyarakatan Dalam Penguatan Modal Sosial Narapidana Narkotika (studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang) dibawah bimbingan Dr. Choirul Saleh, M.Si dan Drs.Minto Hadi,M.Si, 114 hal + xiv. Penelitian ini dilakukan atas dasar tingginya tindak pidana narkotika yang menjadikan Lembaga Pemasyarakatan mempunyai tugas bagaimana membina narapidana agar tidak mengulangi perbuatannya dan masyarakat dapat menerimanya kembali. Hal itu dilakukan dengan melakukan penguatan modal sosial, karena modal sosial berkaitan dengan hubungan dalam masyarakat dan salah satu manfaat dari modal sosial yaitu sebagai kontrol sosial. Untuk itu perlu adanya kegiatan yang menguatkan modal sosial narapidana narkotika dan strategi dalam pelaksanaannya. Fokus penelitian ini adalah kegiatan penguatan modal sosial narapidana, strategi penguatan modal sosial, dan faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penguatan modal sosial narapidana narkotika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lapas Wanita Kelas IIA Malang telah memberikan kegiatan penguatan modal sosial melalui pembinaan kesadaran agama dan pembinaan kemandirian untuk penguatan kepercayaan.Pemberian asimilasi bermain voli dan pembebasan bersyarat untuk penguatan jaringan narapidana narkotika.pembinaan kesadaran hukum dan agama untuk penguatan norma narapidana. Untuk strategi yang digunakan Lapas Wanita Kelas IIA Malang dalam penguatan modal sosial yaitu Corporate Strategyberkaitan dengan visi misi lembaga, Programe Strategyberkaitan dengan kegiatan penguatan modal sosial, Resource Report Strategyadalah strategi sumber daya yang digunakan, dan Instutional Startegy(Strategi Kelembagaan). Dalam penguatan modal sosial partisipasi masyrakat merupakan faktor pendukung dalam pelaksanaannya, sedangkan penghambat yaitu stigma negative dan lingkungan asal narapidana yang tidak baik dan tidak mendukung.a

English Abstract

This research done on the basis of the high crimes a narcotic that make a correctional institution have the duty of how to create an inmate not to repeat his actions and the community can take it back .It was done by doing the strengthening of social capital , because of social capital relating to relations in society and one of the benefits of social capital that is as social control .This needs to the activities that strengthen social capital inmates narcotics and strategy in its implementation . The focus of this research is in strengthening social capital inmates , the strategy of strengthening social capital , and the supporting factors in strengthening social capital and inhibitors of convicts narcotics . The results of research shows that poor woman lapas iia class has given the strengthening of social capital through the independence of religious awareness training and guidance to the strengthening of trust .The provision of the assimilation of playing volleyball and the inmate parole for the strengthening of a network of narcotics . Legal awareness training for the strengthening of the norm and religious prisoners .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/112/ 051502633
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Apr 2015 09:47
Last Modified: 07 Apr 2015 09:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117135
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item