Penanggulangan Kemiskinan Oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sidoarjo Sebagai Upaya Pengurangan Angka Kemiskinan.

Tarore, ImeyldaAgdelia (2015) Penanggulangan Kemiskinan Oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kabupaten Sidoarjo Sebagai Upaya Pengurangan Angka Kemiskinan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya penanggulangan kemiskinan dalam pembangunan di Indonesia karena pada kenyataannya masih membutuhkan perbaikan dalam melaksanakan penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Sidoarjo. Kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo adalah masalah yang harus diatasi. Salah satu cara mengatasi kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo adalah dengan mempercepat pengurangan angka kemiskinan dengan membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK). Dengan adanya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) di Kabupaten Sidoarjo ini telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengurangan angka kemiskinan. Hanya saja kerjasama antar pegawai di dalam TKPK sendiri masih kurang baik. Dikarenakan seringnya mutasi sehingga mempengaruhi kinerja dalam tim ini dalam melaksanakan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo. Untuk mengetahui bagaimana penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Sidoarjo oleh Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK), maka dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Data Model Interaktif Miles dan Huberman melalui tiga alur yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Koordinasi antara TKPK dengan SKPD teknis yaitu BPMPKB selaku SKPD teknis program rehab rumah tidak layak huni yang diangkat sebagi contoh oleh peneliti. Selain itu dalam pelaksanaannya TKPK juga berkoordinasi dengan P3M dalam menghimpun saran dan informasi dari masyarakat mengenai masyarakat sasaran yang membutuhkan bantuan program rehab rumah tidak layak huni. Program tersebut mengharapkan adanya perubahan keadaan rumah masyarakat miskin penerima bantuan dari kerjasama antara TKPK dengan SKPD yang terkait yaitu BPMPKB berupa program bantuan rumah tidak layak huni. Dari hasil penelitian diperoleh data tentang TKPK dalam mendorong proses perencanaan dan penganggaran sehingga menghasilkan anggaran yang efektif untuk penanggulangan kemiskinan dengan menentukan Rumah Tangga Sasaran (RTS), selanjutnya TKPK dalam penyusunan anggaran yang efektif untuk penanggulangan kemiskinan, serta TKPK dalam melakukan koordinasi dan pemantauan program penanggulangan kemiskinan di daerah dalam Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni dan Program Pembangunan Terpadu Berbasis Kawasan Kemiskinan (PTBK2). Selain itu TKPK juga menyampaikan laporan hasil rapat koordinasi TKPKD (Pasal 25 Permendagri No. 42 tahun 2010); dan hasil pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di daerah kepada Wakil Presiden selaku Ketua TNP2K (Pasal 27 Permendagri No. 42 tahun 2010) yaitu Analisa Kemiskinan Bidang Infratruktur Dasar, Analisa Pelaksanaan PKH 2014, Analisa PNPM MP Kabupaten Sidoarjo Tahun 2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1059/051612358
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 10:19
Last Modified: 20 Oct 2021 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117123
[thumbnail of SKRIPSI_IMEYLDA_AGDELIA_TARORE.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_IMEYLDA_AGDELIA_TARORE.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item