Pengaruh Pemahaman Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Singosari)

Busono, FedryPutro (2015) Pengaruh Pemahaman Pajak dan Kualitas Pelayanan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari mengalami peningkatan setiap tahunnya, tetapi dalam hal penyampaian SPT masih banyak didapati Wajib Pajak yang tidak menyampaikan SPT. Hal ini berarti Wajib Pajak tidak melaksanakan kewajibannya dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman pajak dan kualitas pelayanan pajak terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak khususnya Orang Pribadi. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling insidental sedangkan dalam menentukan ukuran sampel dari populasi yang digunakan peneliti menggunakan rumus slovin. Berdasarkan rumus slovin didapat 100 responden yang digunakan peneliti sebagai sampel dalam penelitian ini. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer yang diperoleh dari kuisioner yang diberikan secara acak kepada 100 responden yang terdaftar sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda yang dihitung menggunakan SPSS ver. 21. Untuk menguji kualitas data digunakan uji validitas pearson correlation dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis secara simultan menunjukkan bahwa variabel pengetahuan pajak dan kualitas pelayanan pajak berpengaruh terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan hasil pengujian secara parsial atau individu menunjukkan pemahaman pajak dan kualitas pelayanan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan pajak wajib pajak orang pribadi. Hal ini berarti bahwa kepatuhan Wajib Pajak timbul karena Wajib Pajak memiliki pemahaman pajak yang baik serta kualitas pelayanan perpajakan yang baik dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1056/051612355
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 09:47
Last Modified: 20 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117120
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_FEDRY_PUTRO_BUSONO_105030400111024.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FULL_FEDRY_PUTRO_BUSONO_105030400111024.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item