Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Bagian Teknisi Pt. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang)

Ashshiddiqy, AnwarDana (2016) Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja (Studi Pada Karyawan Bagian Teknisi Pt. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja (Studi pada Karyawan Bagian Teknisi PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang)”, dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja karyawan guna pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif. Penelitian jenis ini digunakan untuk menguji hipotesis yang teleh dirumuskan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen pelatihan dan variabel terikat kinerja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 karyawan bagian teknisi PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang yang telah mengikuti pelatihan. Seluruh populasi yang berjumlah 30 karyawan dijadikan sampel dengan menggunakan teknik sensus. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik regresi linier berganda yang digunakan untuk mengetahui unsur-unsur variabel pelatihan terhadap kinerja pada karyawan bagian teknisi PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang dengan cara tabulasi skor hasil penelitian untuk mengetahui rata-rata skor variabel sehingga dapat diketahui seberapa jauh penerapan pelatihan dan seberapa tinggi kinerja yang dapat dicapai karyawan pada tingkat signifikasi < 0,05 dan data diolah dengan menggunakan komputer program SPSS 13 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel terikat (Kinerja) dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas (Metode Pelatihan (X1) dan Materi Pelatihan (X2)). Hal itu dapat dibuktikan dengan F hitung sebesar 16,304. Sedangkan F tabel (α = 0.05 ; db regresi = 2 : db residual = 27) adalah sebesar 3,354. Karena F hitung > F tabel yaitu 16,304 > 3,354 atau nilai sig F (0,000) < α = 0.05 maka model analisis regresi adalah signifikan. Pengaruh variabel metode pelatihan (X1) dan materi pelatihan (X2) secara parsial juga mempengaruhi variabel kinerja karyawan (Y). Hal ini dibuktikan dengan menunjukkan t hitung = 2,728. Sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 27) adalah sebesar 2,052. Karena t hitung > t tabel yaitu 2,728 > 2,052 atau nilai sig t (0,011) < α = 0.05 maka pengaruh X1 (Metode Pelatihan) terhadap Kinerja adalah signifikan. Sedangkan untuk variabel X2 (Materi Pelatihan) dengan Y (Kinerja) menunjukkan t hitung = 3,349.Sedangkan t tabel (α = 0.05 ; db residual = 27) adalah sebesar 2,052. Karena t hitung > t tabel yaitu 3,349 > 2,052 atau nilai sig t (0,002) < α = 0.05 maka pengaruh X2 (Materi Pelatihan) terhadap Kinerja adalah signifikan pada alpha 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kinerja dapat dipengaruhi secara signifikan oleh Materi Pelatihan atau dengan meningkatkan Materi Pelatihan maka Kinerja akan mengalami peningkatan secara nyata.

English Abstract

“The influence of training on employee’s performance” is a research that inspired by the importance of human resource development in improving employee performance to achieve the company goals. This study aims to determine the influence of training on employee’s performance. The type of this research is explanatory research and the research method used is quantitative method. This type of research is used to test the hypothesis that has been formulated. The population in this research are 30 employees of the technicians PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang who had been trained. The entire population of 30 employees were sampled using census techniques. This research uses descriptive statistical analysis and multiple linear regression statistical analysis that used to determine the elements of the training variables on the employee’s performance the technicians of PT. Toyota Auto 2000 Sutoyo Malang by tabulating the score results of the study to determine the average scores of variables that can be known how far the application of the training and how high performance that can be achieved the employees at significance level <0.05. The data is processed by using SPSS 13 for windows. Based on the survey results revealed that the dependent variable (performance) can be significantly influenced by independent variables (Method Training (X1) and training materials (X2)). It can be proved by F count amounted to 16.304. While the F table (α = 0:05; db regression = 2: db residual = 27) is equal to 3,354. Because the F count> F table that is 16.304> 3.354 or sig F (0,000) <α = 0.05 then regression analysis model is significant. The effect of variable training methods (X1) and training materials (X2) partially also affect employee performance variable (Y). This is proven by showing t = 2.728. While t table (α = 0:05; db residual = 27) is equal to 2,052. Because t count> t table is 2.728> 2.052 or sig t (0.011) <α = 0.05 then the effect of X1 (Training Methods) against the performance is significant. As for the variable X2 (Training Materials) to Y (Performance) shows t = 3.349. While t table (α = 0:05; db residual = 27) is equal to 2,052. Because t count> t table is 3.349> 2.052 or sig t (0.002) <α = 0.05 then the effect of X2 (Training Materials) against the performance was significant at 5% alpha. It can be concluded that the performance can be significantly affected by training materials, or by improving the training materials, the performance will increase significantly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1042/051611884
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Nov 2016 10:18
Last Modified: 20 Oct 2021 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117105
[thumbnail of skripsi_dana.pdf]
Preview
Text
skripsi_dana.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item