Analisis Aspek Kelayakan Pemberian Kredit Usaha Mikro Dalam Upaya Mengantisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus Pt. Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Malang)

Anggraini, RimaAyu (2014) Analisis Aspek Kelayakan Pemberian Kredit Usaha Mikro Dalam Upaya Mengantisipasi Terjadinya Kredit Bermasalah (Studi Kasus Pt. Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Malang merupakan salah satu bank yang tetap konsisten memfokuskan pada pelayanan kepada masyarakat dalam membantu masalah permodalan. PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Malang memiliki berbagai macam produk dan fasilitas yang diberikan kepada nasabah, salah satunya adalah fasilitas kredit. Kredit Usaha Mikro merupakan salah satu fasilitas kredit yang diberikan bank kepada nasabah, dalam prosesnya terdapat permasalahan yang selalu dialami oleh pihak bank yaitu kredit bermasalah. Penilaian terhadap aspek-aspek yang mendasari pemberian kredit perlu dilakukan untuk mengurangi presentase kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian aspek kelayakan pemberian kredit usaha mikro (meliputi aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen, aspek keuangan dan aspek agunan) dalam upaya mengantisipasi terjadinya kredit bemasalah pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Fokus penelitian ini adalah menilai bagaimana pihak bank menilai aspek-aspek kelayakan dalam pemberian kredit agar tidak terjadi tunggakan kredit. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aspek-aspek kelayakan pemberian Kredit Usaha Mikro yang meliputi aspek hukum, aspek pemasaran, aspek teknis, aspek manajemen, aspek keuangan dan aspek agunan sudah digunakan oleh PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Cabang Malang sebagai dasar penilaian untuk pengambilan keputusan pemberian Kredit Usaha Mikro terhadap dua calon nasabah yaitu Cahaya Sablon dan Marsya Konveksi. Saran yang diberikan oleh penulis yaitu pihak bank sebaiknya lebih teliti dalam menganalisis kewajiban yang sudah dimiliki nasabah, agar tidak terjadi tunggakan dalam proses pembayaran kewajiban pada pihak bank.

English Abstract

PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Branch Malang is one of the banks that remain consistent focus on service to the community in helping the problem of capital. PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk Branch Malang has a wide range of products and facilities provided to customers, one of which is a credit facility. Micro credit is one of the banks credit facilities granted to customers, in the process, there are always problems experienced by the bank which is a credit crunch. Assessment of the underlying aspects of credit needs to be done to reduce the percentage of non-performing loans. This study aims to determine the creditworthiness assessment aspects of micro enterprises (including legal aspects, marketing, technical aspects, aspects of management, financial aspects and aspects of collateral) in an effort to anticipate bemasalah credit at PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Malang. This type of research is descriptive research with case study approach. The focus of this study is to assess how the banks assess aspects of credit worthiness in order to avoid credit arrears. The results of this study indicate that aspects of feasibility of providing Micro Credit covering legal aspects, marketing, technical aspects, aspects of management, financial aspects and aspects of the collateral has been used by PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Branch Malang as the basis of assessment for decision granting Micro Credit to two prospective customers that Light Sablon and Marsya Convection. The advice given by the author of the banks should be more careful in analyzing the obligations that have been owned by the customer, in order to avoid arrears in the payment of duty on the part of banks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/104/ 051502530
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Apr 2015 09:54
Last Modified: 06 Apr 2015 09:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117102
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item