Peranan Pemimpin dalam Mengembangkan Budaya Organisasi (Studi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office,

Octavia, JayantiTri (2015) Peranan Pemimpin dalam Mengembangkan Budaya Organisasi (Studi Pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budaya organisasi dirasakan sebagai suatu yang harus tumbuh dalam membentuk perilaku organisasi, perilaku individu didalamnya dan membentuk citra organisasi pada masyarakat sebagai pemakai jasa atau produknya. Sikap perilaku individu pada awalnya tentu tidak terlepas pada budaya lingkungan dimana mereka dilahirkan dan dibesarkan. Setelah mereka bekerja menjadi anggota asuransi, maka sikap perilaku mereka berikutnya akan dipengaruhi oleh nilai – nilai pokok yang diciptakan oleh pendiri atau pimpinan organisasi. Bagaimana budaya organisasi asuransi dan nilai – nilai perilaku yang hendak dicanangkan oleh pemimpin sebagai etos kerja anggota asuransi dalam membentuk budaya organisasi dapat diamati dengan beberapa fenomena pada perilaku anggota asuransi sehingga visi dan misi asuransi bisa tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran budaya organisasi yang dikembangkan oleh pemimpin PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office dan peranan pemimpin dalam mengembangkan budaya organisasi untuk mencapai tujuan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Perolehan data dilakukan dengan dua metode, yaitu wawancara dan dokumentasi. Dengan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pemimpin dalam mengembangkan budaya organisasi terletak pada komunikasinya dan sebagai role modelling. Komunikasi adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin jika dia ingin sukses dalam aktivitasnya sebagai pemimpin. Komunikasi yang ada di dalam PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Regional Office merupakn bagian penting yang harus diperhatikan pemimpin, karena komunikasi merupakan alat bagi pemimpin untuk menjalankan budaya yang diharapkan. Penanganan mengembangkan budaya organisasi dalam perusahaan terletak pada peran pimpinan dalam setiap perusahaan. Sebagai role modelling, pimpinan di PT. Asuransi Jiwasraya cukup baik, karena setiap karyawan mempunyai perilaku dan persepsi mengenai pimpinan sebagai panutan. Dalam penelitian ini penulis menyarankan agar sebaiknya kedisiplinan karyawan yang sudah terbangun dengan baik hendaknya selalu dipelihara dengan jalan selalu mengadakan pemantauan dan tentunya dengan sanksi apabila terjadi pelanggaran. Untuk mewujudkan sebuah budaya organisasi yang kuat dan dinamis, komunikasi adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1022/051604918
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jun 2016 10:16
Last Modified: 23 Oct 2021 00:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117083
[thumbnail of SKRIPSI_JAYANTI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_JAYANTI.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SURAT_KETERANGAN.pdf]
Preview
Text
SURAT_KETERANGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item