Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Jalan Pada Daerah Hasil Pemekaran (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manggarai Timur),

Corlin, YohanaGualberti (2015) Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Jalan Pada Daerah Hasil Pemekaran (Studi Pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Manggarai Timur),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan infrastruktur jalan di kabupaten Manggarai Timur memiliki tujuan yaitu terbangun dan terpeliharanya jalan guna kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas, mobilitas barang dan jasa serta terbukanya akses daerah isolasi. Dalam Proses pelaksanaannya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Manggarai Timur belum berjalan sesuai tujuan dan target yang ditetapkan dan berpengaruh terhadap kualitas jalan yang dibangun. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kondisi geografis yang kurang mendukung, rendahnya sumber daya manusia, terbatasnya sarana dan prasarana pendukung pembangunan dan terbatasnya anggaran pembangunan jalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang dibatasi fokus penelitian anatra lain: 1) Evaluasi pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten Manggarai Timur, 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten Manggarai Timur. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data terdiri dari informan, dokumen dan peristiwa. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif oleh Miles dan Huberman (2014) yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan pembangunan jalan kabupaten Manggarai Timur belum merata, dan belum terealisasi dengan baik sesuai dengan tujuan/sasaran fisik pembangunan jalan. Hal tersebut dilihat dari kondisi fisik dari ruas jalan yang dibangun banyak mengalami kerusakan seperti jalan berlubang, berkerikil dan masih ada jalan tanah dan mengalami rusak berat. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pembangunan yaitu Kondisi geografis kabupaten Manggarai Timur, terbatasnya sumber daya manusia dan sumber daya anggaran yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan. Saran yang diberikan peneliti adalah: 1) Pemerintah kabupaten Manggarai Timur meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan daerah melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan sistem insentif yang memadai, 2) Pemerintah dan kontraktor pelaksana pembangunan harus menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pembanguna jalan berupa alat-alat berat yang memadai, 3) Untuk memaksimalkan proses pembangunan jalan perlu dilakukan kembali pembangunan, penataan dan selanjutnya pemeliharaan jalan tersebut secara rutin agar jalan tetap dalam kondisi mantap dan handal, 4) Pemerintah dalam proses pembangunan jalan memperhatikan tahap-tahap dalam mengelola pembangunan daerah agar dapat memenuhi unsur kebijakan publik secara transparan dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1020/051604916
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jun 2016 09:44
Last Modified: 23 Oct 2021 00:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117081
[thumbnail of Skripsi__Evaluasi_Pelaksanaan_Pembangunan_Infrastruktur_Jalan_Pada_Daerah_Hasil_Pemekaran.pdf]
Preview
Text
Skripsi__Evaluasi_Pelaksanaan_Pembangunan_Infrastruktur_Jalan_Pada_Daerah_Hasil_Pemekaran.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item