Damarjati, IkbarHaskara (2015) The Influence of Integrated Marketing Communication (IMC) on Brand Equity and Purchase Decision (Case Study on Indosat-M3 (IM3) Customers Among Members of Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya Cla. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk menguji pengaruh variabel komunikasi pemasaran terintegrasi (IMC) pada ekuitas merek, (2) untuk memeriksa pengaruh tidak langsung dari variabel komunikasi pemasaran terintegrasi (IMC) pada keputusan pembelian melalui ekuitas merek, (3) Untuk menguji pengaruh langsung dari komunikasi pemasaran terintegrasi variabel (IMC) pada keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penelitian penjelasan dengan metode kuantitatif. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data langsung dari pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sedangkan analisis jalur yang digunakan dalam penelitian ini sebagai tes hipotesis penelitian. Pemrosesan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 11.5. Sekitar 93 responden dipilih dari pelanggan Indosat-M3 di antara anggota Unit Aktivitas Band Universitas Brawijaya kelas 2014. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) komunikasi pemasaran terintegrasi variabel memiliki pengaruh pada ekuitas merek variabel karena memiliki probabilitas 0,000 . Ini penting karena probabilitas T lebih rendah dari 0,05, yang berarti ada pengaruh yang signifikan. (2) Ada pengaruh tidak langsung dari komunikasi pemasaran terintegrasi variabel pada keputusan pembelian variabel melalui ekuitas merek dengan koefisien jalur yang sama dengan 0,216. (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran terintegrasi variabel memiliki pengaruh langsung pada keputusan pembelian. Ini dibuktikan dengan koefisien jalur yang sama dengan 0,487 dengan probabilitas T sebanyak 0,000. Ini penting karena probabilitas T lebih rendah dari 0,05, yang berarti ada pengaruh yang signifikan. Oleh karena itu, itu menunjukkan bahwa ada tiga item yang memiliki dampak terendah antara lain, yaitu media sosial, iklan dengan papan iklan, dan partisipasi kontes publik. Dengan demikian, perusahaan perlu melakukan beberapa peningkatan pada mereka. Misalnya di media sosial, buat beberapa akun Instagram lucu tentang IM3 dan mempostingnya secara teratur. Selain itu, penting untuk membuat desain Billboard IM3 `di luar kotak`, tidak hanya persegi panjang seperti biasa dan menempatkannya di tempat yang strategis dan membuat kompetisi pencarian bakat, seperti kompetisi bernyanyi untuk membuat ketiga item tersebut memiliki lebih banyak dampak pada ekuitas merek dan pembelian keputusan.
English Abstract
This study aimed to: (1) To examine the influence of variable integrated marketing communication (IMC) on brand equity, (2) To examine the indirect influence of variable integrated marketing communication (IMC) on purchase decision through brand equity, (3) To examine the direct influence of variable integrated marketing communication (IMC) on purchase decision. This study used an explanatory research with a quantitative method. Questionnaires used in this study to gathering data directly from the customers. Sampling technique used in this research is simple random sampling, while path analysis used in this study as research hypothesis testing. The data processing conducted by using SPSS 11.5. About 93 respondents were selected from Indosat-M3 customers among members on unit aktivitas band Universitas Brawijaya class of 2014. The result of the study reveals that: (1) Variable integrated marketing communication have influence on variable brand equity because it has a t probability of 0.000. It is significant because the t probability is lower than 0.05, which means that there is a significant influence. (2) There is an indirect influence of variable integrated marketing communication on variable Purchase Decision through Brand equity with path coefficient that equal to 0.216. (3) The results showed that variable integrated marketing communication have a direct influence on purchase decision. It proved by a path coefficient that equal to 0.487 with t probability as much as 0.000. It is significant because the t probability is lower than 0.05, which means that there is a significant influence. Therefore, it shows that there are three items which has the lowest impact among others, those are social media, advertisement by billboard, and public contest participation. Thus, the company needs to make some improvement at those. For example in social media, make some funny instagram account about IM3 and post it regularly. Moreover, it’s important to make IM3 billboard design “out of the box”, not only rectangular as usual and put it in strategic place and create talent search competition, such as singing competition to make those three items have more impact on brand equity and purchase decision.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/1017/051604913 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 24 Jun 2016 08:33 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 00:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117077 |
Preview |
Text
Bab_1-5.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |