Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Bauran Promosi pada PT. Sumber Cipta (Djarum) DSO Malang

Constantine, MonicaDian (2015) Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Bauran Promosi pada PT. Sumber Cipta (Djarum) DSO Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan dituntut untuk dapat bersaing agar mampu bertahan hidup serta meraih keuntungan di pasaran. Persaingan yang semakin ketat dan kompetitif dewasa ini membuat pelaku pasar lebih berpacu dan terus bersaing untuk dapat bertahan di dunia bisnisnya. Perusahaan yang menganut konsep pemasaran harus memahami perilaku konsumennya secara keseluruhan agar perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Perlunya memahami perilaku konsumen ini, didasarkan atas pemikiran bahwa konsumen merupakan pasar sasaran produk. Jika produk tersebut menurut konsumen mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya, maka konsumen akan membeli produk dan sebaliknya jika produk tersebut dianggap belum atau tidak mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya maka konsumen tidak akan membelinya. Salah satu konsep dari bauran pemasaran adalah promosi. Strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan unsur-unsur peralatan promosi atau yang lebih dikenal dengan Bauran Promosi. Bauran Promosi terdiri dari Advertising (periklanan), Sales Promotion (promosi penjualan), Public Relation and Publicity (humas dan publisitas) dan Persoanal Selling (penjualan secara pribadi). Diharapkan dengan dilakukannya strategi bauran promosi yang telah direncanakan, dapat berperan dalam meningkatkan volume penjualan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan Bauran promosi yang terdiri atas: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan secara pribadi dan pemasaran langsung secara bersamasama dan parsial berpengaruh nyata terhadap hasil penjualan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa volume penjualan mengalami rata rata peningkatan sebesar 2.1 % tiap kawartal selama tiga tahun terakhir dan omzet penjualan mengalami rata rata peningkatan sebesar 2.1 % tiap kawartal selama tiga tahun terakhir. Pada perhitungan Least square biaya periklanan, biaya penjualan personal, diketahui bahwa prediksi biaya periklanan untuk 4(Kawratal I-III) dan tahun 2015 (Kwartal I-III). terus mengalami peningkatan. Omzet penjualan dan volume pejualan diketahui bahwa prediksi omzet penjulan untuk 2014 (Kawratal I-III) dan tahun 2015 (Kwartal I-III). terus mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil regresi lininer berganda diketahui Variabel Biaya Periklanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan rokok pada PT. Sumber Cipta (PT. Djarum) DSO Malang. Berdasarkan hasil regresi lininer berganda diketahui Variabel Biaya Penjualan Personal mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan PT. Sumber Cipta (PT. Djarum) DSO Malang. Personal selling merupakan kegiatan perusahaan untuk melakukan kontak langsung dengan para calon konsumennya. Dengan kontak langsung ini diharapkan akan terjadi hubungan atau interaksi yang positif antara pengusaha dengan calon konsumennya. Kontak langsung itu akan dapat mempengaruhi secara lebih intensif para konsumennya karena dalam hal ini pengusaha dapat mengetahui keinginan dan selera konsumennya serta gaya hidupnya dan dengan demikian maka pengusaha dapat menyesuaikan cara pendekatan atau komunikasinya dengan konsumennya itu secara lebih tepat yang sesuai dengan konsumen yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/1016/051604522
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2016 12:45
Last Modified: 23 Oct 2021 00:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117076
[thumbnail of SKRIPSI_FORMAT_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FORMAT_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item