Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pengguna Blackberry Pada Counter Perdana Di Gresik)

Nugroho, NokmaAditya (2015) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pengguna Blackberry Pada Counter Perdana Di Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Atribut Produk terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) pengaruh Atribut Produk terhadap Loyalitas Pelanggan; dan (3) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan pengunjung Counter Perdana Gresik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) Atribut produk terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, dengan kontribusi sebesar 41,7%, koefisien jalur (β) sebesar 0,646, serta probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (2) Atribut produk terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dengan kontribusi sebesar 55,8%, koefisien jalur (β) sebesar 0,657, serta probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05). (3) Kepuasan Pelanggan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, dengan kontribusi sebesar 55,8%, koefisien jalur (β) sebesar 0,130, serta probabilitas sebesar 0,117 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pihak Blackberry mencoba memasukan applikasi yang bisa digunakan dalam produk Blackberry agar bisa bersaing terhadap produk pesaing. Misalnya, produk Blackberry memasukan applikasi yang biasa digunakan oleh handphone android yang sekarang menjadi pesaing utama dari Blackberry seperti applikasi App Strore dan lain sebagainya

English Abstract

This study aims to determine: (1) the influence of product attributes on customer satisfaction; (2) the influence of product attributes on Customer Loyalty; and (3) the effect of customer satisfaction on loyalty. The research method used in this study is explanatory research with quantitative approach. The sample of 116 respondents who are visitors Counter Perdana Gresik. The sampling technique using simple random sampling technique. Data collection methods used in this research is to spread the questionnaire. Analysis of the data used is descriptive analysis and path analysis (path analysis). The results of this research show that: 1) product attributes shown to have a significant influence on customer satisfaction, with a contribution of 41.7%, the path coefficient (β) of 0.646, and the probability of 0.000 (p <0.05). (2) Attributes of products shown to have a significant influence on customer loyalty, with a contribution of 55.8%, the path coefficient (β) of 0.657, and the probability of 0.000 (p <0.05). (3) Customer Satisfaction does not have a significant effect on customer loyalty, with a contribution of 55.8%, the path coefficient (β) of 0.130, and a probability of 0.117 (p <0.05). Based on this research, Blackberry parties should try to submit an application that can be used in the Blackberry products in order to compete against competitors products. For example, BlackBerry products include applications that are used by android phone which is now a major competitor of such applications Blackberry App strore etc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/101/0051502527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Apr 2015 15:25
Last Modified: 23 Oct 2021 00:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117069
[thumbnail of Nokma_Aditya_Nugroho.pdf]
Preview
Text
Nokma_Aditya_Nugroho.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item