Bauran Marketing Politik Pasangan Kepala Daerah dalam Pemilukada (Studi Kasus Tim Sukses Pemenangan Pasangan Abah Anton dan Sutiaji dalam Pemilukada Kota Malang 2013).

Saputra, MuhammadIchsan (2014) Bauran Marketing Politik Pasangan Kepala Daerah dalam Pemilukada (Studi Kasus Tim Sukses Pemenangan Pasangan Abah Anton dan Sutiaji dalam Pemilukada Kota Malang 2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan ilmu marketing dalam dunia politik telah banyak di gunakan pada Pemilihan Kepala Daerah. Pentingnya peran marketing politik membuat para kandidat di seluruh pemilihan Kepala Daerah berlomba-lomba dalam mengkreasikan ilmu marketing politik sebagai kunci sukses dalam pemenanganya. Tidak terkecuali di pemilihan Kepala Daerah Kota Malang 2013 ini, dimana pasangan Abah Anton-Sutiaji (AJI) berhasil menang. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses marketing politik, peran marketing politik dan faktor penghambat dan pendukung pasangan Abah Anton dan Sutiaji dalam pemenangan Pemilukada Kota Malang 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di DPC PKB dan DPC Gerindra Kota Malang. Sumber data diperoleh dari tim sukses dan para simpatisan berupa wawancara, observasi, maupun dokumentasi dari berbagai sumber. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hubberman Hasil penelitian ini menunjukan bahwa marketing politik yang telah dilakukannya dalam pemenangan pasangan Abah Anton dan Sutiaji, yaitu pembentukan figure dan program-program kampanye yang kompleks mecakup dari penentuan produk politik, promotion, place, price dan segmentasi pemilih. Dalam hal ini, peran marketing politik telah mampu membantu pasangan Abah Anton dan Sutiaji dalam memenangkan Pemilukada Kota Malang 2013. tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat di dalam perjalanannya. Faktor pendukung sering kali dianggap sebagai hal-hal yang membantu di dalam pelaksanaan berbagai program-program kampanye seperti figure Abah Anton yang dikenal baik, dana yang besar, dan latar belakang yang bagus. Sedangkan faktor penghambat seperti tim yang tidak solid dan lawan yang berat. Sehubungan dengan hasil penelitian tersebut disarankan agar dapat mampu melibatkan masyarakat secara lebih luas. Karena yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah suatu pembelajaran politik yang dapat bermanfaat terhadap perubahan yang akan terjadi. Dengan marketing politik diharapkan masyarakat akan lebih memahami cara berpolitik yang tepat bagi kepentingan mereka dan disarankan untuk tetap menjaga hubungan dengan para konstituen dengan cara melakukan berbagai program kerja yang sejalan dengan keinginan masyarakat dan menciptakan hubungan relasional.

English Abstract

The use of science in marketing in the world of politics has been widely used in the election of the Head of the region. The importance of the role of marketing politics make candidates across Electoral Districts vying in the political marketing science as the key to success in businesses. No exception in the Head Region of Malang 2013, where couples Abaad Anton-Sutiaji (AJI) managed to win. With respect to the research aims to describe and analyze the process of political marketing, the role of political factors restricting marketing and supporter of Anton and Sutiaji Abaad couples in 2005, winning the city of Malang 2013. This study used a descriptive research method with qualitative approach. This research was conducted at DPC PKB and DPC Gerindra Malang. Sources of data derived from success teams and sympathizers form interviews, observation, and documentation from variety sources. The data analysis conducted by Model Miles and Hubberman. This research result showed that political marketing has been done in victory Abah Anton and Sutiaji couples, that is establishment of figure and campaign programs are complex consists from determination of the political product, promotion, place, price and segmentation votersIn this case, the role of political marketing has been able to help couples Abah Anton and Sutiaji to win Regional Head General Election in Malang 2013. not be separated from the supporting factors and obstacles at his way. In this case, the role of political marketing has been able to help couples abah anton and sutiaji winning general election in Malang 2013. Supporting factors are often considered as the things that helps on the implementation variety programs such as the campaign figure which is known Anton Abah good, big fund, and good background. The study results suggested that people can capable of involves more widely. Because society needs is a political education are could be useful to the changes that occur. With the expected political marketing community will better understand how politics appropriate for their interests and are advised to keep in touch with constituents by doing variety work programs in line by wishes of the people and creating the relational relationships.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/96/051402364
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Apr 2014 15:17
Last Modified: 22 Oct 2021 23:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117055
[thumbnail of ichsan_skripsi.pdf]
Preview
Text
ichsan_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item