Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan (Studi Di Kota Malang)

Fanani, Juniar (2014) Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Jalan (Studi Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur jalan merupakan wujud kesadaran masyarakat terhadap kondisi sekitarnya. Infrastruktur jalan merupakan pembangunan yang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat, karena kondisi infrastruktur jalan yang bagus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur diharapkan mampu menciptakan suatu kondisi dimana masyarakat memiliki rasa cinta terhadap daerah yang ditinggali dan menciptakan percepatan pembangunan suatu daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur jalan, yang meliputi (a) Bentuk partisipasi masyarakat secara aktif. (b) Bentuk partisipasi masyarakat secara pasif. (2) Faktor pendukung dan penghambat partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur jalan, yang meliputi: (a) Faktor pendukung yang terdiri dari: Kualitas jalan yang tidak baik dan ketersediaan stimulan aspal atau paving. (b) Faktor penghambat yang terdiri dari: keterbatasan informasi, keterbatasan anggaran, dan proses pengajuan yang rumit. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur jalan secara aktif dan pasif. Partisipasi secara aktif antara lain membantu proses perbaikan jalan secara langsung, memberikan bantuan berupa jasa, memberi bantuan materi, mengajukan permohonan bantuan stimulan aspal dan paving, serta penyewaan stoom walls. Sedangkan partisipasi masyarakat secara pasif antara lain mengapresiasi proses perbaikan jalan yang sedang berlangsung, memberikan kritik dan saran yang membangun, serta tidak apatis terhadap pembangunan infrastruktur jalan. Partisipasi masyarakat memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung antara lain kualitas jalan yang rusak dapat meningkatkan partisipasi masyarakat karena masyarakat mempunyai keinginan untuk memperbaikinya ketika jalannya rusak, serta tersedianya stimulan aspal dan paving dari DPUPPB kota Malang. Faktor penghambat antara lain keterbatasan informasi, keterbatasan anggaran, dan proses pengajuan yang rumit. Dalam menyikapi masalah-masalah yang ada dalam proses pembangunan infrastruktur di kota Malang maka seharusnya proses sosialisasi antara pemerintah dan masyarakat harus lebih terorganisir secara rapi. Hal ini bisa disiasati dengan memaksimalkan sumberdaya yang ada.

English Abstract

Public participation in the road infrastructure building is a form of public awareness of the surrounding conditions. Road infrastructure is very important building and common needs, because when the condition of road infrastructure is good it can improve the welfare of society. Public participation in infrastructure building is expect to create a condition where people having passion of the area were occupied and creates accelerated building. This research used a descriptive research with qualitative approach. As the focusses for this research are (1) The forms of public participation in road infrastructure building, which includes (a) The form of active public participation. (b) The form of passive public participation. (2) Supporting factors and inhibiting factor of public participation in road infrastructure building, which includes: (a) The supporting factors consist of: The quality of the road isn‘t good and the availability of asphalt or paving stimulants. (b) Inhibiting factors consist of: Limitations of informations, limitations of budgeting, and the applications of process are complicated. Based on the results of this research concluded that public have been participated in road infrastructure building actively and passively. Active participation are directing to help during repairing road process, providing service grating, providing material grating, apply for asphalt and paving stimulants, and also renting for stoom walls. While passive participation are apreciate for ongoing road repairs, provide constructive criticism and suggestion, and aren‘t apathetic on road infrastructure building. Public participation have supporting and inhibiting factors. Supporting factors are quality of the road can increase public participation because society wants repair the road when the road was broken, and also availability of asphalt and paving stimulants from DPUPPB Malang city. Inhibitting factors are, limitation of informations, limitation of budgeting, and the applications of process are complicated. In order to maximize the public participation, government‘s have to fixed or improve all the aspect that them have, begin from good communications, financial management, best facilities, maintenance, personnel with a good integrity, and the aspect of technology and information which should have fixed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/889/ 051612727
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 23 Dec 2016 10:30
Last Modified: 01 Nov 2022 07:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117044
[thumbnail of Juniar Fanani.pdf] Text
Juniar Fanani.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item