Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru ( Studi Pada Smp Negeri 9 Kota Malang )

Pratama, MahindraWisnuPutra (2014) Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru ( Studi Pada Smp Negeri 9 Kota Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kebijakan pendidikan yang laporan Balitbang Depdiknas tahun 2013, dari 879.955 guru SD di Indonesia ternyata hanya sekitar 30% yang layak mengajar dikelas dihadapan para siswa dan yang selebihnya tidak layak. Untuk guru SMP, SMA, dan SMK angkanya hampir sama. Ditemukan bahwa masih banyak kendala atau persoalan yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi kepala sekolah yang berdampak besar terhadap semangat kerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah SMP Negeri 9 kota Malang adalah orang yang bertanggung jawab penuh terhadap penyelengaraan kegiatan sekolah, dan menggerakkan semua bagian sekolah untuk menjalankan fungsi dan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Kepala sekolah dalam pembagian tugas tiap-tiap bagian pengelola sekolah terinci dengan jelas baik terhadap fungsi dan tanggung jawabnya. Dengan struktur organisasi model ini setiap bagian di sekolah memiliki keterkaitan dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain sehingga tujuan sekolah dapat tercapai sesuai target. Pengaruh supervisi kepala sekolah SMP Negeri 9 kota Malang berpengaruh signifikan terhadap semangat kinerja guru, besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap semangat kerja guru adalah 0,715 atau 71,5% dan sisanya yaitu 29,5% diperngaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kepala sekolah sebagai supervisor dalam memimpin hendaknya disesuaikan dengan situasi, kondisi yang terjadi dan kebutuhan organisasi serta kebutuhan warga sekolah sehingga dapat meningkatkan kinerja sekolah. Dari aspek peranan kepemimpinan, Kepala Sekolah selaku pemimpin di sekolah dalam melaksanakan tugasnya memimpin dan mengelola sekolah termasuk dalam kategori berhasil. Komunikasi antara atasan dengan bawahan tercipta dengan baik yaitu komunikasi dua arah, dalam pemberian pengarahan pimpinan memberi bimbingan, pembinaan, dan dukungan terhadap bawahan dalam menyelesaikan tugasnya.

English Abstract

The study is based on education policy statements Research and Education Ministry in 2013, from 879 955 primary school teachers in Indonesia turned out to be only about 30% eligible to teach the class in front of the students and the rest are not worth it. For junior high school teachers, high school and vocational number is almost the same. It was found that there are still many obstacles or problems relating to the implementation of the supervision of the school principal had a major impact on the morale of teachers. The results of this study indicate that the principal of SMPN 9 Malang is a person who is fully responsible for the organization of school activities, and mobilize all parts of the school to carry out the functions and duties which it is responsible. Principal in the division of tasks of each part of the school management with clear detail both the function and responsibility. With this model organizational structure of each part in school interrelated and influence each other so that the goal can be achieved according to the target school. Effect of supervision of the principal of SMPN 9 Malang significant effect on the spirit of teacher performance, the effect of supervision of the school principal to teacher morale is 0.715 or 71.5% and the remaining 29.5% diperngaruhi by other variables not included in this study. The headmaster as supervisor in the lead should be adapted to the situation, a condition that occurs and the organizations needs and the needs of the school community so as to improve school performance. From the aspect of leadership roles, Principal at the school as a leader in executing its duty to lead and manage schools included in the category of success. Communication between superiors and subordinates are created with good two-way communication, in providing leadership to give guidance directing, coaching, and support to subordinates in completing its tasks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/878/ 051602349
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Apr 2016 15:04
Last Modified: 05 Apr 2016 15:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117032
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item