Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kompartemen Pabrik II PT. Petrokimia Gresik

Jatmiko, EnggarDwi (2014) Pengaruh Motivasi Kerja dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kompartemen Pabrik II PT. Petrokimia Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan dalam usaha untuk mencapai tujuan perusahaan. Karyawan merupakan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan dimana setelah melalui proses perekrutan dan seleksi kemudian ditempatkan, perusahaan akan memusatkan perhatiannya pada penciptaan suatu kinerja yang optimal. Salah satu cara agar karyawan terdorong untuk bekerja dengan sungguh – sungguh sehingga dapat mencapai kinerja yang optimal, perusahaan perlu memperhatikan motivasi kerja dan komitmen organisasional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih sedikitnya perusahaan yang memahami akan pentingnya motivasi kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan, padahal dengan motivasi kerja dan komitmen organisasional setiap karyawan mau bekerja keras dan antusias untuk mencapai produktivitas kerja yang tinggi dengan didukung oleh kemampuan yang mumpuni dan berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan variabel motivasi kerja ,variabel komitmen organisasional, dan variabel kinerja karyawan pada karyawan kompartemen pabrik II PT. Petrokimia Gresik, dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh simultan dan pengaruh parsial variabel motivasi kerja, variabel komitmen organisasional, dan variabel kinerja karyawan pada karyawan kompartemen pabrik II PT. Petrokimia Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei yang bersifat penjelasan (explanatory research). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 89 karyawan. Hasil analisis statistik deskriptif dapat diketahui bahwa hasil jawaban responden untuk variabel motivasi kerja (X1) berada pada kategori sangat baik, variabel komitmen organisasional (X2) berada pada kategori sangat baik, dan variabel kinerja karyawan (Y) berada pada kategori sangat baik. Hasil pengujian hipotesis diketahui Sig. F ≤ α (0,000 ≤ 0,05) ini menunjukkan ada pengaruh simultan yang signifikan dari variabel motivasi kerja (X1) dan komitmen organisasional (X2) terhadap kinerja karyawan (Y). Selain itu juga dapat diketahui pada variabel motivasi kerja (X1) sig. t ≤ α (0,000 ≤ 0,05) dan pada komitmen organisasional (X2) sig. t ≤ α (0,006 ≤ 0,05) ini menunjukkan ada pengaruh parsial yang signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Nilai R Square sebesar 0,635 menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja (X1), dan komitmen organisasional (X2), secara simultan memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 63,5%, sedangkan sisanya yaitu 36,5% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Pada penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel motivasi kerja (X1) secara parsial memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 46,26% dan variabel komitmen organisasional (X2) secara parsial memberikan kontribusi terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebesar 17,24%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/844/051502413
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Mar 2015 14:51
Last Modified: 22 Oct 2021 23:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116996
[thumbnail of 1#_Cover_&_Motto.pdf]
Preview
Text
1#_Cover_&_Motto.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2#_TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
2#_TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3#_TANDA_PENGESAHAN_dan_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3#_TANDA_PENGESAHAN_dan_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4#_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
4#_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5#_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5#_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4#_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
4#_RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6#_Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
6#_Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7#_BAB_I.pdf]
Preview
Text
7#_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9#_BAB_III.pdf]
Preview
Text
9#_BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10#_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
10#_BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8#_BAB_II.pdf]
Preview
Text
8#_BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11#_BAB_V.pdf]
Preview
Text
11#_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12#_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
12#_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14#_SURAT_KETERANGAN_SELESAI_PENELITIAN.pdf]
Preview
Text
14#_SURAT_KETERANGAN_SELESAI_PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15#_CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
15#_CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item