Evaluasi Penerapan ELECTRONIC GOVERMENT Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ponorogo)

Suryaningsih, Nurhidayati (2014) Evaluasi Penerapan ELECTRONIC GOVERMENT Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan mengenai pendaftaran dan pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak melalui aplikasi e-Registration merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh KPP Pratama Ponorogo. Latar belakang penelitian ini diangkat yaitu untuk melihat bagaimana evaluasi dari kebijakan pendaftaran dan pemberian NPWP melalui aplikasi e-Registration yang diterapkan oleh KPP Pratama Ponorogo dengan melihat proses penggunaan aplikasi e-Registration yang belum mampu berjalan dengan maksimal karena masih terdapat beberapa hambatan yang terjadi pada proses penerapan pelayanan kepada Wajib Pajak. Walaupun sebenarnya penerapan aplikasi e-Registration di KPP Pratama Ponorogo sudah cukup terintegrasi dan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan oleh Direktur Jenderal Pajak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pendaftaran dan pemberian NPWP melalui aplikasi e-Registration untuk mencapai kualitas pelayanan publik, serta faktor pendukung dan penghambat pada penerapannya. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu Pertama, bagaimana penerapan e-Government di KPP Pratama Ponorogo untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kedua, apa saja faktor pendorong dan penghambat penerapan e-Government di KPP Pratama Ponorogo untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Motode analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini yang menjadi lokasi penelitian adalah wilayah Kabupaten Ponorogo, sedangkan fokus penelitian adalah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ponorogo. Dengan demikian yang menjadi fokus penelitiannya, yaitu: pertama, penerapan e-Government di KPP Pratama Ponorogo, antara lain: ii a) Dasar kebijakan, b) Sistem dan prosedur; c) Sumber-sumber pendukung, d)Pemahaman pegawai dan masyarakat tentang konsep e-Government. Fokus kedua, faktor pendorong dan faktor penghambat penerapan e-Government di KPP Pratama Ponorogo. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa penerapan pendaftaran dan pemberian NPWP melalui aplikasi e-Registration sebagai upaya KPP Pratama Ponorogo untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sudah terintegrasi, namun masih belum mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian di lapangan, walaupun penerapan aplikasi e-Registration di KPP Pratama Ponorogo berpedoman pada peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-20/PJ/2013 tentang tata cara pendaftaran NPWP dan surat edaran Dirjen Pajak Nomor SE-60/PJ/2013 tentang petunjuk pelaksanaan menggunakan aplikasi e-Registration. Namun masih saja terdapat masalah di dalam pelaksanaannya, meliputi: Budaya, kepemimpinan dan infrastruktur. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor, antara lain: kurangnya kesadaran dan pemahaman dari Wajib Pajak, serta kurangnya proses sosialisasi kepada Wajib Pajak tentang dunia perpajakan. Rekomendasi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi adalah KPP Pratama Ponorogo lebih mengawasi dan bertanggung jawab terhadap proses penerapan aplikasi e-Registration di lapangan dengan cara melakukan penyuluhan atau sosialisasi mengenai tata cara pendaftaran NPWP melalui aplikasi e-Registration sesuai dengan peraturan yang berlaku, serta dengan cara penyampaian informasi secara optimal dalam memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak. Selain itu, KPP Pratama Ponorogo harus meningkatkan pengawasan secara intern dan ekstern untuk mencapai kualitas pelayanan yang maksimal dan Citra instansi yang bersih, transparan dan bertanggung jawab, serta bertindak tegas kepada Wajib Pajak yang melanggar ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku.

English Abstract

A policy regarding the registration and administration of a Taxpayer Identification Number via e-Registration is one of the problems faced at KPP Pratama Ponorogo. The background of this study appointed to see how the evaluation of policies and the provision of tax number registration via e-Registration applications are implemented by KPP Pratama Ponorogo to see the use of e-Registration applications that have not been able to run with the maximum because there are still some obstacles that occur in the process application services to the taxpayer. Although the actual implementation of e-Registration in KPP Pratama Ponorogo integrated enough and in accordance with regulations established by the Director General of Taxation. The purpose of this study was to describe and analyze policy and administration tax number registration via e-Registration applications to achieve the quality of public services, as well as enabling and inhibiting factors in the implementation. The research raises two issues, First, how the implementation of e-Government in KPP Pratama Ponorogo to improve the quality of public services. Second, what are the the supporting factor and the constraining factor for the implementation of e-Government in KPP Pratama Ponorogo to improve the quality of public services. This study uses descriptive qualitative approach. Source of data used are primary data and secondary data. The methods of data analysis involve data reduction, data presentation, and conclusion. The location of this study is Ponorogo regency, while the focus of the research is the Tax Service Office (KPP) Pratama Ponorogo. Thus are the focus of research, namely: first, the implementation of e- iv Government in KPP Pratama Ponorogo, which includes such aspects as: a) Basic policy, b) systems and procedures; c) Sources of support, d) employees and the public understanding of the concept of e-Government. The second focus is about the supporting factor and the constraining factor for the implementation of e-Government in KPP Pratama Ponorogo. This research resulted in a conclusion that the application of the registration and tax number through the application of e-Registration as KPP Pratama Ponorogo efforts to improve the quality of public services have been integrated, but still has not reached the maximum level of success. It is based on research in the field, although the application of e-Registration in KPP Pratama Ponorogo guided by the Director General of Taxation regulation No. PER-20 / PJ / 2013 on procedures for the registration of tax number and circulars Director General of Taxation No. SE-60 / PJ / 2013 instructions on using the implementation of e-Registration. But still there are problems in the implementation, including: demographics and geography taxpayer, the improvement of the central system, and the means Taxpayers inadequate. This happens due to several factors, such as: the lack of awareness and understanding of the taxpayer, as well as the lack of socialization process to the taxpayer of the tax world. Recommendations to overcome the problems that occur are KPP Pratama Ponorogo more supervise and be responsible for the implementation of e-Registration applications in the field by way of education or socialization of tax number registration procedure through the application of e-Registration in accordance with applicable regulations, as well as the means of delivery information optimally in providing services to taxpayers. In addition, KPP Pratama Ponorogo should improve internal and external supervision to achieve maximum service quality and good image as a clean, transparent and accountable, and act decisively to taxpayers who violate the provisions of the applicable tax laws.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/838/ 0051502043
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Mar 2015 14:03
Last Modified: 11 Mar 2015 14:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116988
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item