Kinerja Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) (Studi Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Madiun

KumalaR, ClaraCahya (2014) Kinerja Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Dalam Pelayanan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) (Studi Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era globalisasi dan otonomi daerah, Pemerintah Daerah di Indonesia berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat melalui pelayanan publik yang baik. Tidak terkecuali dengan Pemerintah Daerah Kota Madiun, yang berusaha untuk memberikan pelayanan publik yang murah, mudah, dan cepat. Salah satu bentuk pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat adalah pelayanan perizinan, dimana perizinan adalah sebuah legalitas untuk melakukan aktivitas, usaha atau kegiatan tertentu. Sebagai Kota yang termasuk dalam Satuan Wilayah Pengembangan (SWP) ekonomi untuk Jawa Timur bagian barat, Madiun mempunyai peluang investasi yang besar untuk sektor perdagangan dan jasa. Untuk mendukung perkembangan ekonomi Kota Madiun dalam sektor perdgangan dan jasa, maka perlu adanya Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sebagai legalitas untuk melakukan kegiatan usaha perdagangan maupun jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kota Madiun dalam memberikan pelayanan perizinan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan faktor pendukung dan penghambatnya. SIUP merupakan izin yang wajib dimiliki oleh para investor atau pengusaha untuk melaksanakan kegiatan perdagangan. Dalam pelaksanaannya, pelayanan perizinan SIUP di Kota Madiun tidak lepas dari masalah, diantaranya adalah adanya penyalahgunaan SIUP oleh pemilik yang tidak bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan dengan metode analisis milik Miles dan Huberman. Berdasarkan dengan penelitian yang telah dilakukan, Kinerja KPPT Kota Madiun dalam pelayanan SIUP sudah baik, dilihat dari banyaknya serta kualitas SIUP yang diterbitkan. Faktor yang mendukung kinerja KPPT adalah prosedur dan mekanisme yang mudah dalam memberikan pelayanan SIUP kepada masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesiapan pegawai terhadap perkembangan teknologi informasi yang ada dan kurang maksimalnya penggunaan sarana dan prasarana. Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah penggunaan secara maksimal sarana dan prasaran yang ada untuk memaksimalkan pemberian informasi kepada masyarakat yang akan menggunakan pelayanan di KPPT Kota Madiun. Selain itu perlu adanya program untuk memperkuat ikatan antar pegawai di KPPT agar kegiatan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lancar tanpa adanya hambatan.

English Abstract

In the era of globalization and decentralization, local government in Indonesia are trying to fulfill the needs and demands of society through good public services. No exception with the Madiun Local Government, which try to provide a cheap, easy, and fast public services. One of public services needed by the people is licensing service, which is a legal permit to carry out the activity, business or particular activity. As the city is included in the Regional Unit Development (SWP) for the economy of East Java to the west, Madiun has great investment opportunities for trade and services sectors. To support economic development in Madiun’s Trade and services sectors, it is necessary to Trading and Business License (License) as legality to undertake business activities and services. This study aims to determine how the performance of the Integrated Licensing Services Office (KPPT) Madiun in providing Trading and Business License with supporting and inhibiting factors. Trading and Business License is a license which must be owned by investors or entrepreneurs to carry out trading activities. In practice, Trading and Business License services in Madiun not free from problems, such as the abuse of Trading and Business License by irresponsible owners. This study used a qualitative research, approach with a descriptive and analytical methods belonging to Miles and Huberman. Based on the research that has been done, Performance of KPPT in Trading and Business License services Madiun has been good, judging from the number and quality of the License published. Factors that support the performance of KPPT is an easy procedure and mechanism in providing services to the citizen. While inhibiting factor is the lack of readiness of employees to the development of information technology and maximal use of facilities and infrastructure. Suggestions given in this study is the use of the maximum existing facilities and infrastructure to maximize the provision of information to the people who will use the service in KPPT Madiun. Besides the need for programs to strengthen the bond between employees in KPPT that the public service activities can run smoothly without a hitch.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/837/ 051501975
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Mar 2015 11:03
Last Modified: 11 Mar 2015 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116987
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item