Analisis Atas Desain Website eCommerce Pada ZGS Game Shop (Studi Kasus Pada Website www.zgsgame.com).

Anandhita, ZendhaRefitra (2014) Analisis Atas Desain Website eCommerce Pada ZGS Game Shop (Studi Kasus Pada Website www.zgsgame.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

ZGS Game Shop merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan dengan dunia game. Persaingan di dunia bisnis semakin ketat dan dalam rangka memperkuat bisnisnya dan banyak perusahaan mempergunakan mediamedia periklanan untuk memasarkan barang dagangannya. Menghadapi situasi ini perusahaan harus dapat berkreasi secara efektif dan efisien untuk memenangkan persaingan maupun sekedar mempertahankan diri atau bertahan dalam posisi yang telah diraihnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan website eCommerce sebagai media untuk memasarkan produk dan memangkas biaya pemasaran secara efektif. Permasalahannya adalah bagaimana kondisi Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection, dan Commerce dan permasalahan yang timbul pada website ZGS Game Shop yang telah dirancang saat ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis kondisi Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection, dan Commerce dan permasalahan yang timbul pada website ZGS Game Shop. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dimodifikasi atau di-combine dengan skala semantik diferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website ZGS Game Shop (www.zgsgame.com) lebih banyak diakses oleh mahasiswa angkatan tahun 2012 yang berjenis kelamin laki-laki. Context dari keseluruhan tampilan desain dan layout pada website memang menarik, enak dipandang, namun tetap terlihat simpel. Content dari website terdapat gambar serta deksripsi produk sangat lengkap dan jelas. Community memperlihatkan fitur komentar disetiap produk. Customization tesedianya pilihan dwibahasa pada menu dan tersedianya pilihan tampilan versi desktop dan mobile. Communication terlihat dari tersedianya informasi penting perusahaan, serta tersedianya komunikasi langsung yang berbasis Yahoo Messenger. Commerce memperlihatkan mudahnya pengunjung dapat membeli secara online serta penempatan iklan yang tidak mengganggu. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa perusahaan harus berbenah untuk mengimbangi perkembangan unia internet khususnya dalam bidang eCommerce. Oleh karena itu, perusahaan perlu meningkatkan kualitas staff atau SDM yang ada, serta melakukan maintance terhadap website secara berkala dan selalu mengikuti perkembangan yang berkembang saat ini.

English Abstract

ZGS Game Shop is a company that engaged in selling of the gaming world. Competition in the business world is getting tight and in order to strengthen its business and many companies use advertising media to market their wares. Faced with this situation the company should be able to work effectively and efficiently to win the competition or just maintain or keep themselves in a position that has been achieved. One of the ways is to use e-Commerce website as a medium to market their products and cut marketing cost effectively. The problem is the condition of Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection, Commerce and the problems that arise on ZGS Game Shop’s website which has been designed at this time. This research aims to identify and analyze the condition of Context, Content, Community, Customization, Communication, Connection, Commerce and the problems that arise on the website of ZGS Game Shop. The type of research used is descriptive research type with quantitative research approaches. Analysis of the data used is modified descriptive analysis or combined with semantic differential scale. The results showed that the website of ZGS Game Shop (www.zgsgame.com) is accessed mostly by male students from class of 2012. Context of the overall look of the design and layout of the website is attractive, pleasing to the eye, but yet looks simple. Content of the website shows pictures with a complete and clear product description. Community shows commentary feature on each product. Customization shows the availability of bilingual options on the menu and availability of desktop and mobile versions on display. Communication can be seen from the availability of important corporate information, and the availability of direct communication via Yahoo Messenger. Commerce shows visitors can easily buy online and the placement of ads that are not intrusive. This research results a conclusion that companies must improve to be balan ce with the development of internet technology especially in eCommerce. Therefo re, companies need to improve the quality of existing staff or human resources, as well as doing maintenance on the website regularly and always follow the current development

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/83/051402283
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:54
Last Modified: 22 Oct 2021 23:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116980
[thumbnail of SKRIPSI_SEMUA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SEMUA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item