Kepuasan Masyarakat Terhadap E-Gov Performance Dengan Metode Kano (Studi Pada E-Gov Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Kota Malang).

Nugroho, MohammadIdrus (2014) Kepuasan Masyarakat Terhadap E-Gov Performance Dengan Metode Kano (Studi Pada E-Gov Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi informasi terjadi sedemikian cepat sehingga data, informasi dan pengetahuan dapat segera disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat dalam hitungan detik melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan electronic government pemerintah Kota Malang. Penelitian dilakukan pada pengguna e-gov Badan Perijinan Pelayanan Terpadu (BP2T) Kota Malang. Melihat lokasi Badan Pelayanan Perijinan (BP2T) Kota Malang yang jauh dari pusat Kota Malang sangat memungkinkan masyarakat untuk menggunakan electronic government agar terciptanya pelayanan yang efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah Metode Kano.Metode pengukuran yang digunakan untuk metode Kano adalah menggunakan survey dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah para pengguna e-gov yang meliputi: 347 ijin mendirikan bangunan, 22 ijin usaha angkutan, 3 ijin trayek, 38 ijin kegiatan yang berdampak pada keramaian umum/tontonan, 6 ijin tempat usaha (TU), 170 ijin gangguan (IG), 133 ijin pemasangan reklame permanen dan 262 ijin reklame isidentil/sementara (maksimal 1 bulan). Total keseluruhan 981 permintaan ijin. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Setelah menggunakan Slovin terdapat 91 sampel dari total 981 populasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa pelayanan e-gov BP2T sebagian besar atribut menunjukkan grade Indifferent yang berarti pelayanan BP2T tidak terlalu signifikan dan kurang puas bagi masyarakat Kota Malang atau biasa saja.

English Abstract

Progress of information technology occurred in such quick so that the data, information and knowledge can be immediately propagated to all walks of life in a matter of seconds via the internet, This research aims to know the extent to which the public is the satisfaction of the Ministry of the electronic government Government of Malang. Research done on the users of e-gov Services Integrated Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Malang. See the location of Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) of Malang Malang Central enables people to use electronic government to create effective and efficient service. This research uses a type of descriptive study using a quantitative approach. The methods used for this research is a method of Kano. The method of measurement used for Kano method is using the survey by taking a sample of a population and use questionnaire. The population of this research is users e-gov that includes: by 347 building permits, business permit transportation, 22 3 route permit, 38 permission an activity that impact on boisterousness public / spectacle, 6 permit, the place of business 170 of disturbance permit, 9,133 permit to install the ads 262 permit permanent and billboards isidentil / temporary ( a maximum of 1 months ).The total 981 request permission.The sample determined by a Slovin Formula’s.After using slovin there are 91 981 samples of the total population. Based on the result analysis of data and the can be taken in the conclusion that service e-gov BP2T most of the attribute of showing grade indefferent which means service BP2T not very significant for city people unfortunate or usual course.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2014/820/051501178
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2015 15:07
Last Modified: 22 Oct 2021 23:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/116970
[thumbnail of 051501178_-_M._Idrus_N.pdf]
Preview
Text
051501178_-_M._Idrus_N.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item